Pengalaman Pembelajaran Guru dan Siswa/I MI.Umdatur Rasikhien di Masa Pandemi Covid-19

Senin, 08 Februari 2021 | 10:59 WIB Last Updated 2021-02-10T14:00:07Z


Kabarpendidikan.id
Seperti yang kalian ketahui, bahwa negara kita sedang di landai wabah virus covid-19 ini. Sehingga pemerintah menganjurkan guru para pelajar untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Bukan hanya belajar di rumah saja, melainkan bekerja dan beribadah di rumah. Agar penularan virus ini tidak berdampak besar. Sehingga dengan adanya kebijakan tersebut membuat seluruh sekolah di non-aktifkan dan di ganti dengan mentode secara daring. Lalu bagaimana pengalaman guru dan siswa ketika melakukan pembelajaran daring ? inilah salah satu contoh pengalaman  guru dan siswa ketika melakukan pembelajaran jarak jauh.

 

Pada awalnya hanya di liburkan 2 minggu, tetapi dengan bertambahnya penularan virus covid ini  hampir setengah tahun guru dan  siswa melakukan pembelajaran jarak jauh. mungkin awalnya mereka senang melakukan kegiatan pembelajaran di rumah tetapi dengan di perpanjangnya waktu  oleh pemerintah membuat  siswa menjadi kesulitan terutama guru yang kewalahan dan kesulitan dalam menyampaikan materi kepada para siswanya.

 

Hal ini yang di sampaikan oleh Jaudah Fikriyah salah satu  siswi MI.Umdatur Rasikhien.’ Pada awalnya pembelajaran di rumah sangat menyenangkan tetapi dengan bertambahnya waktu pembelajarannya jarak jauh sangat menyulitkan salah satunya sullt memahami materi yang di sampaikan oleh guru melalui via what’s app”, ucapannya. Maka dari iu siswa jadi sulit memahami materi atau kurang fokusnya dalam pembelajaran.

 

Bukan hanya dari siswa/I saja yang mempunyai pengalaman pembelajaran daring. Bahkan guru juga mengalaminya, salah satunya contoh yang di sampaikan oleh ibu Masito, S.Pd salah satu pengajar di sekolah MI.Umdatur Rasikhien. “ Sebelumnya ibu belum pernah terbayangkan melakukan pembelajaran melalui online dan mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi ke siswa/I, dengan seiring berjalannya waktu pembelajaran menggunakan media online menjadi lebih mudah. Hanya dengan media yang seadanya siswa akan mudah memahami materi yang akan di sampaikan oleh para guru dan lebih mudah memberikan tugas atau soal ulangan kepada siswanya.”ucapannya. Jadi maka dari itu pembelajaran secara online mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Yang tadinya tidak paham menggunakan media tersebut, sekarang menjadi lebih paham dalam menggunakan media tersebut.

 

Di madrasah ini dengan menggunakan media pembelajaran yang seadanya, siswa akan menjadi lebih paham dalam memahami materi yang di sampaikan. Dan siswa menjadi lebih mudah dalam mengumpulkan tugas dan hafalan. Dalam mengerjakan ulangan siswa menjadi lebih bersemangat, karena dia bisa melihat score nilainya secara langsung. Dan guru dalam melakukan pekerjaannya menjadi lebih mudah dalam memberikan nilai kepada para siswa/inya.

 

Dengan demikian itu, dengan adanya pembelajaran jarak jauh guru dan siswa/I MI.Umdatur Rasikhien mempunyai pengalaman yang beragam. Dari segi pronya yaitu yang awalnya tidak mengerti cara menggunakan media tersebut menjadi lebih paham cara menggunakannya . yang awalnya hanya menggunakan media papantulis sekarang bisa menggunakan media yang lain dalam menyampaikan materi kepada para siswa/I. dan dari segi kontranya hubungan guru dan siswa menjadi lebih sulit dikarenakan dengan adanya gangguan sinyal, guru menjadi kurang memahami sifat dn karakteristik para siswa/I. dan mungkin kebnyakan yang di alami siswa dalam pembelajaran jarak jauh ini yaitu cepat bosan karena tidak bisa bertemu dengan teman sekelasnya.

               

(Umeydah Zinniya Mu’tamadah / Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka) 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengalaman Pembelajaran Guru dan Siswa/I MI.Umdatur Rasikhien di Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan