Dampak Positif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19

Senin, 08 Februari 2021 | 13:03 WIB Last Updated 2021-02-10T14:04:56Z


Kabarpendidikan.id
Sejak pertengahan bulan Maret tahun 2020, pemerintah mulai memberikan himbauan untuk belajar dirumah untuk mengurangi resiko penyebaran virus Corona. Himbauan tersebut berisi, semua peserta didik beserta guru harus mmberlakukan program belajar di rumah atau menggunakan Pembelajaran Jarak Jauh. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sendiri berlangsung dengan guru dapat menyampaikan materi ajar kepada peserta didik tanpa harus bertatap muka langsung di dalam suatu ruangan yang sama.

 

Pembelajaran jarak jauh ini memiliki beberapa kendala yang belum bisa ditangani saat ini, yaitu tidak semua orang tua bisa membimbing pembelajaran di rumah karena urusan pekerjaan. Sehingga tak jarang beberapa peserta didik merasa tertekan dengan pembelajaran dan tugas-tugas yang diberikan, khususnya matematika. Peserta didik merasa sulit untuk memahami pembelajaran yang diberikan karena tidak ada yang membimbing mereka secara langsung.

 

Tentu hal ini perlu diperhatikan, karena perasaan tertekan dapat menimbulkan stress dan kecemasan dalam diri peserta didik. Mata pelajaran matematika dianggap oleh sebagian siswa sebagai mata pelajaran yang sulit dan biasanya pembelajaran matematika membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Saat ini masih banyak siswa yang kesulitan belajar matematika.  

 

Mereka menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang menakutkan, membosankan, dan membebani siswa karena abstrak, penuh angka dan rumus sehingga menimbulkan kecemasan pada siswa saat melaksanakan pembelajaran matematika.

 

Berikut kendala pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh, antara lain:

1.) Listrik padam saat mengakses program pembelajaran online

2.) Jaringan internet yang buruk

3.) Komitmen yang tidak menentu dari orang tua dan siswa

4.) Anak-anak yang lambat belajar

5.) Anak yang tidak konsisten dengan jadwal belajarnya

 

(Juliyani Nadilla/ Mahasiswa PGSD Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Positif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan