Peranan Penting Teknologi Dalam Era Digital Pendidikan Di Masa Pandemi

Senin, 08 Februari 2021 | 08:54 WIB Last Updated 2021-02-10T13:55:14Z


Kabarpendidikan.id
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dilihat dari pengertian pendidikan menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 sudah sangat jelas bahwa pendidikan sangat berperan penting untuk kehidupan dan memang, ilmu pengetahuan adalah kebutuhan penting yang harus dimiliki oleh seluruh manusia.

 

Saat ini di negara Indonesia masih banyak kasus warga negara yang terjangkit virus Covid-19, bahkan meningkat tinggi. Akibat nya para pelajar masih tetap belajar dirumah alias daring ( dalam jaringan ) yang di mana proses belajar harus melalui online. Melalui platform - platform yang tersedia menjadikan proses belajar lebih mudah. Contohnya : Aplikasi Zoom Meeting, Google Meet, Google Classroom, dan sebagainya.

 

Di era digital ini kita di haruskan untuk menguasai internet, mengapa demikian? karena bila kita tidak dapat mengoperasikan internet tentu akan tertinggal. Peran teknologi dalam masa pandemi ini sangat berpengaruh untuk pendidikan, apa saja peranan teknologi dalam pendidikan di masa pandemi ini?

 

Yang pertama, tentu saja mempermudah berjalan nya proses belajar. Karena kondisi kita yang sedang dalam masa lock down mengharuskan kita melakukan segala kegiatan dirumah. Seperti sekolah ataupun kuliah. Bagaimana cara agar tetap bersekolah dan kuliah? tentu dengan menggunakan internet. Internet itu tak terbatas, akses jangkauan internet sangat luas. Hanya dengan menggunakan beberapa aplikasi diatas yang sudah di sebutkan kita bisa langsung terkoneksi dengan guru / dosen. Yang kedua, sebagai media pembelajaran. Contohnya menggunakan power point atau menonton video edukasi di platform Youtube. Yang ketiga, sebagai alat komunikasi karena di masa pandemi Covid-19 ini kita tidak bersosialisasi secara langsung karna harus menjaga jarak ( physical distancing / social distancing ). Maka dari itu internet mampu menjaga komunikasi antar siswa bahkan dengan guru. Yang terakhir, pembelajaran memanfaatkan teknologi atau internet ini mempermudah kita mencari informasi yang dibutuhkan. Misalnya dengan aplikasi Google.

 

Menurut kalian para siswa, pengajar maupun orang tua. Apakah pembelajaran via online yang dilakukan selama pandemi ini lebih efektif atau tidak dibanding pembelajaran offline atau luring ( luar jaringan ) ? Yuk tulis di kolom opini dibawah pendapat kalian semua

 

(Divka Fauziah / Mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peranan Penting Teknologi Dalam Era Digital Pendidikan Di Masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan