Membangun Motivasi Belajar Online di Tengah Pandemi Covid-19

Minggu, 07 Februari 2021 | 11:36 WIB Last Updated 2021-02-10T13:38:10Z


Kabarpendidikan.id
Pandemi Covid-19 muncul pada awal tahun 2020 yang lalu masih sangat meresahkan hingga awal tahun 2021 ini. Virus ini tidak asing lagi terdengar oleh semua orang diDunia. Bahkan, hampir seluruh pelosok dunia merasakan kekhawatiran dengan kedatangan virus mematikan ini. Kehadiran Pandemi Covid-19 menghalangi segala aktifitas dan mengubah cara masyarakat di Indonesia bahkan di Dunia melakukan segala aktivitas normal sehari-harinya. Seperti aktivitas belajar mengajar yang biasa dilakukan dengan bertatap muka secara langsung dikelas.

 

Pendidikan sangatlah penting bagi semua kalangan khususnya pelajar-pelajar seperti kita. Maka dari itu, para pelajar sangat membutuhkan ilmu dari guru atau dosen mereka. Termasuk saya yang masih sangat membutuhkan ilmu-ilmu tersebut. Oleh karena itu, pemerintah membuat suatu kebijakan dengan memanfaatkan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi seperti instagram, zoom meeting, google meet, google classroom, WhatsApp Group, dan Online Learning. Alat-alat tersebut disambungkan melalalui jaringan internet sehingga bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online. Sehingga, pembelajaran pun tetap bisa terlaksana walau pandemi seperti ini.

 

Pembelajaran online seperti yang sedang kita jalankan saat ini memiliki dampak positif dan negatif tentunya. Dampak positif pembelajaran Online misalnya, pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja karena melalui  media online. Selain itu, waktu dalam belajar Online juga sangat singkat. Disamping itu, dampak negatif yang ditimbulkan dari belajar Online misalnya, terjadi kebosanan dalam diri sehingga menyebabkan kurangnya motivasi belajar dalam belajar online ini.  Sama-sama kita tahu bahwa motivasi belajar sangat penting dan sangat dibutuhkan agar pelajar tersebut terdorong dan semangat untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

 

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan motivasi belajar ditengah pandemi Covid-19 ini. Cara yang pertama guru membuat materi pembelajaran menjadi lebih menarik seperti membuat materi di Power Point yang diberi gambar bergerak, bisa juga membuat animasi vidio sehingga para pelajar menjadi senang dan bersemangat. Sehingga, motivasi belajar menjadi meningkat. Evaluasi pada pembelajaran online juga penting, dengan evaluasi maka dapat diketahui apakah pembelajaran dapat berjalan efektif atau tidak.

 

Dari data hasil wawancara saya dengan beberapa teman mahasiswa di Universitas lain, tentang bagaimana pembelajaran online dimasa pandemi ini? kebanyakan dari mereka menganggap pembelajaran dimasa pandemi ini kurang efektif, gangguan hambatan internet dan lingkungan rumah yang tidak kondusif.  Pertanyaan lain tentang Bagaimana cara mereka memotivasi diri sendiri untuk mengatasi kebosanan dimasa pandemi? Cara mereka memotivasi belajar dimasa pandemi seperti ini bermacam-macam misalnya dengan mempersiapkan mental untuk menumbuhkan mood kembali. Lalu, menerapkan pola tidur yang teratur agar tidak menimbulkan rasa malas ketika belajar. Dan menghindari handphone ketika belajar.

 

Menurut pendapat saya menjadi pelajar atau mahasiswa  ditahun ini sangatlah tidak mudah. Disamping kita harus beradaptasi dengan pembaruan kegiatan belajar  mengajar, kita juga harus bisa memahami materi dan mengerjakan tugas sendiri. Tetapi, bukan berarti motivasi belajar kita terpatahkan karena perubahan gaya belajar. Harapan saya semoga motivasi belajar kita dapat bertambah walaupun dimasa Pandemi seperti ini, dan kita seharusnya bisa semakin kreatif dalam menuangkan sesuatu seperti membuat vidio-vidio pembelajaran atau membuat Power Point yang mengasah kreatifitas kita. Sehingga motivasi kita dalam belajar semakin meningkat.

 

(Dewi Winner Fadlika PGSD FKIP UHAMKA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Membangun Motivasi Belajar Online di Tengah Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan