Dosen Uhamka Edukasi Halal Lifestyle kepada Siswa SMA Muhammadiyah 12 Jakarta

Minggu, 14 Februari 2021 | 21:50 WIB Last Updated 2021-02-14T14:50:56Z


Kabarpendidikan.id
Edukasi Halal merupakan langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat untuk memilih makanan yang sudah halal. Siswa SMA Muhammadiyah 12 Jakarta kurang informasi mengenai produk halal mulai dari makanan yang dikonsumsi, kosmetik, serta produk gunaan. Padahal selain makanan tersebut bernutrisi juga harus halal. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 168: "Hai manusia, makanlah segala sesuatu yang ada di bumi ini yang halal dan baik dan jangan kamu mengikuti jejak syaitan karena sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu”.  


Perlu kepedulian semua pihak untuk bisa saling mengingatkan satu sama lain untuk hidup sadar halal sangatlah penting. Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (UHAMKA), sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang besar di Jakarta melalui Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaaan Masyarakat (LPPM) dan Pusat Kajian Halal Uhamka (PKHU) tentu saja merasa ikut terpanggil untuk berpartisipasi dalam memberikan wadah informasi halal dan thayyib kepada siswa SMA Muhammadiyah 12 Jakarta.


Kegiatan edukasi yang dilakukan pada hari sabtu tanggal 6 Februari  ini, merupakan kegiatan dalam bentuk edukasi halal, pemilihan produk pangan halal, kosmetik halal, barang gunaan yang halal serta mempelajari titik kritis dari masing-masing produk. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai halal lifestyle dalam kehidupan sehari-hari. 


Dalam kegiatan ini, siswa merasa antusias pasalnya mereka berharap kegiatan seperti ini sering dilakukan. Sehingga kegiatan pengabdian seperti ini membawa dampak yang baik jika bisa dilaksanakan oleh semua pihak sebagai bentuk kontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang sadar halal. 


Nurul A.N selaku Narasumber mengungkapkan "sekolah sangat berperan penting dalam kelancaran acara, dalam acara ini saya difasilitasi oleh Pak Hasyir selaku kepala sekolah dan Bu Fitri  selaku penanggung jawab kurikulum. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias. Peserta dapat menerima dan memahami materi yang diberikan, evaluasi ini diperoleh dari hasil pre test dan post test yang kami berikan sebelum dan sesudah acara, terdapat peningkatan nilai dari setiap peserta yg mengikuti webinar ini," ujarnya



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen Uhamka Edukasi Halal Lifestyle kepada Siswa SMA Muhammadiyah 12 Jakarta

Trending Now

Iklan

iklan