Dosen FFS Uhamka bersama LPPM Tingkatkan UMKM dalam Pemasaran Produk

Selasa, 09 Februari 2021 | 08:00 WIB Last Updated 2021-02-09T04:08:29Z


Kabarpendidikan.id
Salah satu tugas seorang dosen adalah melakukan pengabdian kepada masysrakat sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi. Di masa pandemi ini tidak menyurutkan semangat dosen UHAMKA untuk tetap melakukan pengabdiannya kepada masyarakat.


Salah satunya yang dilakukan oleh dosen Fakultas Farmasi dan Sains, Wati Sukmawati dan Hadi Sunaryo yang melakukan pengabdian dalam bentuk pendampingan pemasaran produk hasil PKM.  


Kegiatan pengabdian ini dilakukan secara daring demi menjaga protokol kesehatan. Jadi, dosen mengarahkan UMKM yang telah dibina untuk memproduksi produknya lalu dipasarkan agar hasil dari penjualan produk tersebut dapat membantu mitra ditengah kondisi ekonomi yang sulit dimasa pandemi. 


Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 8 Januari 2021 dengan peserta sebanyak 20 orang yang tergabung dalam UMKM. Selain memberikan pendamingan peran dosen juga membantu roses pemasaran produk sehingga mitra termotivasi untuk memroduksi produk sehingga mereka mampu mandiri dan mampu menciptakan peluang usaha.


Kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu usaha untuk membantu mitra yang selama ini pasif income terlebih dimasa pandemi. Mitra merupakan UMKM yang telah diberikan ketrampilan untuk memproduksi minuman serbuk jahe, sehingga dengan ketrampilan tersebut peneliti memfasilitasi dengan membantu proses penjualan produk baik offline maupun online. Usaha yang dilakukan ini cukup membuahkan hasil sehingga dapat mengangkat perekonomian warga sekitar dan juga dapat membantu peningkatan penjualan.


Pendampingan dan pengembangan UMKM dengan metode digital marketing cukup menjanjikan, karena dengan adanya penjualan secara online memungkinkan jumlah penjualan akan meningkat dan manajemen risiko sangat kecil dan biaya yang dikeluarkan juga minim sehingga diharapkan impact yang dihasilkan dapat memuaskan dan bermanfaat bagi mitra.


Rustitin selaku pelaku usaha UMKM mengungkapkan bahwa "saya sangat terbantu dengan adanya program pengembangan penjualan ini, karena dengan hal ini saya dan para rekanan sesama UMKM dapat memperluas pasar dan penghasilan juga meningkat" ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen FFS Uhamka bersama LPPM Tingkatkan UMKM dalam Pemasaran Produk

Trending Now

Iklan

iklan