Dosen FEB Uhamka Berikan Edukasi dan Pelatihan Mengolah Sampah Untuk Meningkatkan Perekonomian

Jumat, 19 Februari 2021 | 15:42 WIB Last Updated 2021-03-01T11:45:59Z


Kabarpendidikan.id
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka selenggarakan edukasi sekaligus pelatihan mengolah sampah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi yang dilaksanakan di Kampung Gedong Pasar Rebo Jakarta Timur.

 

Kegiatan untuk memberikan nilai ekonomi masyarakat Kampung Gedong yang mayoritas warganya berprofesi sebagai pemulung.          Tim dari para dosen menjelaskan kepada warga secara interaktif dengan tujuan menjelaskan jenis-jenis sampah plastik yang ditemukan atau dipulung oleh para pemulung dikampung Gedong dan sekaligus pelaksanaan demonstrasi (praktik pemilahan sampah plastik) yang dilakukan oleh tim bersama para pemulung di tempat lapak hasil pulungannya.

 

Kegiatan ini di isi oleh beberapa narasumber diantaranya adalah Tohirin, SH.I., M.Pd memberikan edukasi pemilahan sampah, Toto Tohari, S.Th.I., M.Ag dan Arief Fitriyanto, S.E.Sy., M.Si memberikan materi bagaimana cara menjadikan sampah menjadi barang yang bernilai ekonomi.

 

Menurut Arief selaku anggota Tim menyatakan pelaksanaan pelatihan ini merupakan wujud pengabdian kami selaku dosen untuk masyarakat, agar keberadaan kita bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar.

“Kami memberikan pembinaan bagi masyarakat kampung Gedong tentang bagaimana cara sampah ini bisa bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi” Ujar Arief, Dosen FEB UHAMKA.

 

Hal senada juga dikatakan Tohirin, selaku ketua tim pelaksana acara ini dibuat selain dari program rutin Pengabdian Kepada Masyarakat juga untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

“Pengabdian ini tidak hanya kepada mahasiswa di kampus tetapi juga kepada masyarakat disekitar FEB UHAMKA, sehingga dapat membantu menambah pemasukan ekonomi warga Kampung Gedong.” Papar UTS sapaan akrab di media sosial.

 

Tidak hanya itu, Toto Tohari selaku Dosen Al Islam dan Kemuhammadiyahan menyatakan kegiatan ini sejatinya bagian dari sumbangsih ilmu pengetahuan dari kami sebagai dosen kepada para masyarakat Kampung Gedong.

“Kami berharap kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bisa terus memberikan manfaat untuk orang banyak. Kegiatan ini diikuti oleh para warga Kampung Gedong yang berprofesi sebagai pemulung.” Ujar Toto dosen FEB UHAMKA.

 

Dalam kegiatan ini, Entin salah satu warga  yang mengikuti pelatihan ini mengungkapkan kegiatan ini dinilai sangat positif, karena pelatihan ini nantinya akan dapat memberikan pemasukan ekonomi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen FEB Uhamka Berikan Edukasi dan Pelatihan Mengolah Sampah Untuk Meningkatkan Perekonomian

Trending Now

Iklan

iklan