Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom

Kamis, 18 Februari 2021 | 17:09 WIB Last Updated 2021-02-18T10:09:23Z


Kabarpendidikan.id
Pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19 tidak bisa dipungkiri membawa pengaruh pada kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun di universitas di Indonesia. Seperti diketahui, kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka langsung, kini dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh. Menyambut adaptasi kehidupan baru ini pula, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui surat keputusan bersama 4 Menteri juga telah mengeluarkan panduan pembelajaran tahun ajaran baru di masa pandemi Covid-19. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM Bina Insani menjadi salah satu PKBM yang mendukung kebijakan tersebut dengan menggunakan apliaksi Zoom. keuntungan dari penggunaan aplikasi ini adalah Tutor dan Warga Belajar tidak terpaku dalam satu ruang dan waktu untuk menjalankan kegiatan pembelajaran. Warga Belajar tidak harus datang ke kelas pada waktu tertentu. Begitupun Tutor bisa mengubah dan menambahkan materi pembelajaran kapan saja dan dimana saja baik yang berbentuk teks maupun video.


Beberapa fitur penunjang pembelajaran yang disediakan aplikasi ini diantaranya kita dapat membagikan materi, video, tugas, kuis, diskusi, kolaborasi, dan penilaian. Kelebihan untuk aplikasi Zoom dapat merekam segala aktivitas pembelajaran antara Tutor dan Warga Belajar dalam waktu lama. Penggunaan layanan kelas secara daring dapat menambah variasi dan kreativitas Tutor maupun Warga Belajar dalam mencari sumber belajar. Sebagai pengelola course, Tutor juga tidak perlu memiliki keahlian khusus. Namun diperlukan keterampilan Tutor dalam mengemas dan membuat materi dan mencari sumber pembelajaran, serta merancang pembelajaran agar dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif (Restu, 2021).


Selama penggunaan aplikasi Zoom pada masa belajar di rumah, telah ditemukan beberapa hambatan diantaranya adalah jaringan internet kurang stabil, harga kuota internet yang cukup mahal, kurangnya pengetahuan Tutor dan Warga Belajar mengenai penggunaan aplikasi Zoom, terbatasnya kapasitas memori penyimpanan smartphone, Tutor dan Warga Belajar masih terbiasa dengan pembelajaran konvensional.


Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada saat masa pandemi covid-19 solusi terbaik dalam melakukan pembelajaran jarak jauh yaitu dengan menggunakan aplikasi zoom, dengan menggunakan aplikasi zoom kita akan tetap mengikuti pembelajaran dengan baik walau banyak kendala seperti jaringan internet, paket yang mahal, dan kurangnya fokus dalam memahami materi yang disampaikan dosen.

 

(Fahmi Fadhlurrahman/ Mahasiswa Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom

Trending Now

Iklan

iklan