Ruang Rohis

Kamis, 18 Februari 2021 | 17:05 WIB Last Updated 2021-02-18T10:05:53Z


Kabarpendidikan.id
 Belajar seorang diri kadang-kadang membuat penat, terlebih lagi jika tidak bisa menyelesaikan persoalan yang ada. Lebih nyaman apabila dapat berdiskusi bersama dan ada yang memandu. Melalui pemikiran ini,  Rohis SMAN 92 Jakarta berinisiatif untuk mengadakan Study Club atau Ruang Rohis.

 

Ruang rohis merupakan salah satu program kerja dari divisi akademik rohis SMAN 92 Jakarta.Berdiri sejak tahun 2018 yang awalnya  bertujuan untuk membantu siswa siswi SMAN 92 Jakarta yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas akademik di sekolah. Hingga pada tahun 2020 kegiatan ini tidak hanya bertujuan membantu siswa/siswi di SMAN 92 Jakarta saja namun juga,membantu anak anak SD, SMP,dan SMA di sekitar SMAN 92 Jakarta.

 

Dalam mensosialisasikan kegiatan ini, agar anak-anak dapat mengetahui  adanya kegiatan ini, diberikan selebaran kertas dan makanan ringan untuk menarik perhatian dan mengajak  siswa dan siswi dalam mengikuti kegiatan ruang rohis ini.Selain itu juga kegiatan ini bekerja sama dengan pihak RPTRA ( Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) yang berada di dekat SMAN 92 Jakarta dalam menfasilitasi tempat dan peralatan yang akan digunakan dalam mendukung kegiatan ini.

 

Kegiatan ini diikuti oleh banyak siswa/siswi SD,SMP dan SMA.mereka sangat antusias dalam mengikuti ruang rohis ini,selain tempatnya yang sejuk dan nyaman materi yang diajarkan pun beragam.

 

Kegiatan ini biasanya dilaksanakan seminggu sekali pada hari Sabtu, yang dilaksanakan pada pukul 10.00-12.00 WIB. Konsepnya adalah ada yang menjadi tentor (pengajar) yang berasal dari kakak tingkat yang berkompeten. Materi yang dibahas berkisar soal ujian tahun lalu dan membahas materi di sekolah  yang kurang paham.

 

Selain materi sekolah yang diajarkan,kegiatan ini juga mendukung kreatifitas anak anak dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Pada minggu ke 3 dan ke 4 akan ada kegiatan mewarnai,melukis,membuat karya seni dan lain lain untuk mengetahui potensi dasar dan minat apa yang dimiliki dari setiap anak.

 

Kegiatan ini sangat mendapat dukungan dari berbagai pihak,selain kegiatan ini gratis atau tidak dipungut biaya sama sekali, kegiatan ini sangat membantu orang tua dalam membimbing anak anaknya untuk lebih memahami materi sekolah serta menumbuhkan kreatifitas dari anak.

 

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan manfaat tersendiri bagi anggota rohis SMAN 92 Jakarta karena pada kegiatan ini mereka dapat berlatih mengajar dan sekaligus belajar.

 

(Dimas Anggereksa / Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ruang Rohis

Trending Now

Iklan

iklan