Mendikbud Inginkan Project Based Learning Sebagai Role Mode Pembelajaran

Sabtu, 16 Januari 2021 | 16:16 WIB Last Updated 2021-01-16T14:22:38Z


Kabarpendidikan.id
Agar kolaborasi antarpelajar terus terbangun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menyebut, sistem pembelajaran berbasis proyek atau project based learning mesti digalakkan.

 

“Makanya saya ingin semua project based learning. Saya ingin di kuliah project based learning, di sekolah project based learning. Jadi buat picu kemandirian, kolaborasi, dan kreativitas,” kata Nadiem dalam siaran langsung instagram @unicefindonesia, Jumat 15 Januari 2021.

 

Nadiem menegaskan Kolaborasi dan membangun kreativitas pula lah yang menjadi esensi dari kebijakan Merdeka Belajar. Selain itu, Nadiem mengatakan, kemampuan berkolaborasi di dunia pendidikan itu sendiri semakin dibutuhkan saat ini.

 

“Kita tuh belajar berkolaborasi dan kreativitas dan itu sebenernya esensi Merdeka Belajar dari situ,” ujar Nadiem.

 

Menurut Nadiem, kemampuan berkolaborasi sangat penting, tanpa memandang bentuk atau jenis proyek yang dikerjakan. Sayanyanya Nadiem menilai, banyak orang tidak menyadari pentingnya kemampuan berkolaborasi.  

 

“Mau topiknya apapun, se-scientific apapun, se-geeky apapun topiknya, kalau kita berkolaborasi dengan teman-teman kita mengerjakan suatu proyek bersama,” kata Nadiem.

 

Melalui kolaborasi, menurut Nadiem, profil Pelajar Pancasila pun dapat muncul. Inilah yang menjadi tujuan dari sistem pendidikan Indonesia ke depan.

 

“Kita menemukan profil Pelajar Pancasila yang sebenarnya arah sistem pendidikan kita ke sana,” terang dia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mendikbud Inginkan Project Based Learning Sebagai Role Mode Pembelajaran

Trending Now

Iklan

iklan