SDM dan Pendidikan yang Berkualitas Dapat Memberantas Kemiskinan dan Ketertinggalan di Lombok Utara

Kamis, 05 November 2020 | 15:50 WIB Last Updated 2020-11-05T08:50:48Z


Kabarpendidikan.id
Kabupaten Lombok Utara sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia memiliki berbagai potensi alam yang menakjubkan. 


Oleh karenanya, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengahrapkan agar kedepannya potensi yang dimilki oleh Lombok Utara akan semakin berkembang. Agar dapat berkembang dan maju, ungkap Jazilul, Lombok Utara harus memilki sumber daya manusia yang unggul dan mumpuni sebagai penopang pembangunan di Lombok Utara. Hal itu disampaikan dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR di Lombok Utara, Selasa (3/11).


“Syarat menjadikan daerah Lombok Utara berkembang dan maju adalah masyarakatnya harus menjadi manusia yang unggul dan mumpuni,” kata Jazilul Fawaid.


Mantan Bupati Lombok Utara Johan Sjamsu, yang turut serta dalam acara Sosialisasi 4 Pilar, mengungkapkan bahwa Kabupaten Lombok Utara merupakan kabupaten pemekaran pada 2008 dan mulai resmi secara administratif pada 2009. Berpenduduk sekitar 250 ribu jiwa, Kabupaten Lombok Utara memiliki potensi sebagai daerah wisata, pertanian, perkebunan, dan peternakan.


Pada awal pemekaran, tingkat kemiskinan di Kabupaten Lombok Utara cukup tinggi, yaitu 43,1%. Selama lima tahun masa bakti Johan sebagai Bupati Lombok Utara, tingkat kemiskinan turun menjadi 9,1%. Kendati demikian, pada faktanya Kabupaten Lombok Utara masih menjadi daerah tertinggal satu-satunya di Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Jazilul menambahkan demi mengatasi ketertinggalan itu, Jazilul Fawaid mendorong Pemerintah Kabupaten Lombok Utara untuk mengupayakana peningkatan pada kualitas sumber daya manusia, salah satunya melalui pendidikan.


“Apabila dalam satu keluarga tidak mendapatkan pendidikan atau tidak bersekolah, sulit untuk maju. Syarat untuk maju adalah masyarakat Lombok Utara harus menjadi manusia yang unggul,” Tutur Jazilul.


Jazilul menekankan karena Kabupaten Lombok Utara memilki banyak potensi alam yang berlimpah, maka Jazilul menekankan tidak ada alasan bagi Kabupaten Lombok Utara untuk terus tertinggal.


“Dengan segala potensi yang dimiliki Kabupaten Lombok Utara bisa mengejar ketertinggalan dari daerah lainnya di NTB. Karena itu, sumber daya manusia harus diperbaiki dan ditingkatkan menjadi unggul dan mumpuni. Kalau tidak, masyarakat Lombok Utara hanya menjadi penonton,” urai Jazilul.


Jazil juga turut berpesan bahwa pemimpin Kabupaten Lombok Utara harus mengutamakan peningkatan sumber daya manusia.


Jazil juga berharap bagi pemimpin Lombok Utara yang terpilih dalam pilkada serentak nanti harus membawa daerah Lombok Utara keluar dari status daerah tertinggal.


“Ini sudah 13 tahun sejak pemekaran. Ini juga menjadi tantangan bagi pemimpin di Kabupaten Lombok Utara, termasuk juga tantangan bagi masyarakatnya. Pemimpin yang baru nanti harus bisa memberi kepastian kepada masyarakat Lombok Utara bahwa lima tahun ke depan Lombok Utara menjadi daerah berkembang dan maju,” ujar Jazilul.


“Jadi membangun wilayah atau kabupaten bukan hanya tanggung jawab pejabat bupati dan pemerintah, tetapi juga masyarakatnya. Tanpa keterlibatan masyarakat, tidak mungkin Lombok Utara bisa menjadi daerah maju,” imbuhnya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SDM dan Pendidikan yang Berkualitas Dapat Memberantas Kemiskinan dan Ketertinggalan di Lombok Utara

Trending Now

Iklan

iklan