Momentum Hari Pahlawan Harus Menyejahterakan Para Veteran Bahkan Anak Cucunya Juga

Selasa, 10 November 2020 | 15:21 WIB Last Updated 2020-11-10T08:21:12Z


Kabarpendidikan.id
10 November bukan hanya patut dimaknai sebagai sekedar acara seremonial biasa, bukan cuma sekedar momentum khusus untuk lebih mengingat dan merenung atas jasa para pahlawan yang telah gugur dimedan tempur, tetapi 10 November menjadi cerminan sejauh mana bangsa kita dalam menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan sehingga tercetuslah kata Indonesia merdeka.

 

Veteran yang tidak sejahtera secara kehidupan belakangan menjadi penghias setia layar televisi kita. Melihat mereka yang dulu berkorban raga, darah dan air mata demi Indonesia merdeka, kini mereka bersedih bahkan mencucurkan air mata akibat sulitnya kehidupan yang mereka jalani, bahkan tak sedikit diantara veteran yang akhirnya merasa kemerdekaan yang mereka perjuangkan dahulu kini jauh dari kata merdeka.

 

Senada dengan hal tersebut, Jerry Massie, Pengamat Politik Political and Public Policy studies menilai, hari pahlawan bukan hanya dimaknai denggan tidak melupakan jasa mereka yang gugur di medan perang, tetapi lebih dari pada itu sebagai pengingat bagi kita telah sejauhmana kelayakan hidup keluarga dan para pahlawan yang saat ini telah menjadi veteran.

 

“Jadi penting juga Kementerian Pendidikan memberikan beasiswa barangkali cucu mereka dan tunjangan kalau perlu disiapkan pemerintah. Karena mereka rela mengorbankan jiwa raga dan darah demi kemerdekaan bangsa,” tulis Jerry dalam siaran persnya, Selasa (10/11/2020).

 

Namun ironinya, menurut Jerry, saat ini kerap jasa-jasa pendahulu seakan tak digubris. Bahkan untuk hidup layak saja, menurutnya, para veteran kesulitan. Berbeda jauh jika melihat kesejahteraan para veteran asing.

"Jadi fasilitas rumah, baik itu BTN perlu disiapkan pemerintah, juga acara kepahlawanan dikembangkan biar masyarakat Indonesia menjadi nasionalis sejati," kata Jerry.


Mengembangkan sikap nasionalis, lanjut Jerry, bisa dengan beragam cara, seperti pemutaran film sejarah kepahlawanan hingga menambah simbol-simbol kepahlawanan di tempat umum.

"Saya lihat hal itu masih kurang," ungkap dia.

 

Jerry mendesak agar para pahlawan yang turut merebut kemerdekaan Indonesia bisa mendapat penghargaan dan layak menerima tanda kehormatan.

"Pemerintan dan DPR perlu membuat aturan yang metat terkait penerima pahlawan nasional. Jangan melupakan jasa para pahlawan. Mereka gugur di medan perang agar kita merdeka," dia menandasi. (LBM)

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Momentum Hari Pahlawan Harus Menyejahterakan Para Veteran Bahkan Anak Cucunya Juga

Trending Now

Iklan

iklan