KOSN 2020 Telah Lewati Tahap Penyisihan

Selasa, 17 November 2020 | 07:40 WIB Last Updated 2020-11-17T00:40:00Z


Kabarpendidikan.id
Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Pendidikan Dasar Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bekerja sama dengan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) dan Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI), serta dinas pendidikan di daerah. Telah menyelesaikan babak penyisihan, Dewan juri telah merampungkan seluruh penilaian dari tanggal 9 sampai dengan 13 November 2020.

 

Dewan juri telah merampungkan penilaian dan memilih wakil-wakil terbaik tiap provinsi untuk berlaga di babak final. Babak final KOSN, baik jenjang pendidikan dasar maupun pendidikan menengah, direncanakan akan berlangsung pada awal Bulan Desember 2020.

 

Pada KOSN Pendidikan Dasar 2020 ini sendiri diikuti 2.628 siswa, yang terdiri dari  1.249 siswa SD dan 1.379 siswa SMP. KOSN bertujuan untuk menumbuh kembangkan bakat dan minat siswa berbasis penguatan karakter dan menumbuhkan nilai-nilai luhur olahraga. Selain itu KOSN disampaikan juga bertujuan untuk menumbuh kembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, serta menjalin solidaritas dan persahabatan antar siswa di seluruh Indonesia.

 

Untuk tahun ini KOSN Pendidikan Dasar yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dilaksanakan dengan sistem daring.

 

Tahun ini cabang olahraga yang dilombakan terdiri dari dua cabang yaitu karate dan pencak silat. Dari dua cabang tersebut, dibagi menjadi empat nomor yaitu: 1. Karate kata perorangan putra; 2. Karate kata perorangan putri; 3. Pencak silat jurus tunggal putra; dan 4. Pencak silat jurus tunggal putri.

 

Hendrial,  salah satu dewan juri menyampaikan bahwa kegiatan menjadi sebuah pengalaman baru, menilai kemampuan peserta dari video dan tidak secara langsung. Namun dari video tersebut, seorang juri yang berpengalaman dapat menentukan kemampuan peserta dan memberikan nilai yang adil.

 

 "Para juri bekerja profesional dan keputusannya dapat dipertanggungjawabkan," kata Hendrial.

 

Di sisi lain Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi mengaku gembira dengan pelaksanaan KOSN ini dan memuji antusiasme siswa mengikuti KOSN meskipun acara ini dilangsungkan via daring.

 

"Saya gembira para siswa SD dan SMP antusias mengikuti KOSN. Lebih dari dua ribu video telah diunggah. Sebelumnya pada KOSN pendidikan menengah pesertanya juga luar biasa," kata Asep Sukmayadi. (FH)

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KOSN 2020 Telah Lewati Tahap Penyisihan

Trending Now

Iklan

iklan