Kemendikbud Kembali Terjunkan Mahasiswa untuk Mengajar dari Rumah

Kamis, 22 Oktober 2020 | 16:13 WIB Last Updated 2020-10-22T10:27:42Z

 

Kabarpendidikan.id. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan rupanya tak kehilangan ide untuk terus memastikan pendidikan jarak jauh aman terkendali. Dalam upaya membantu guru dan orang tua di rumah kemendikbud memiliki program Mengajar dari Rumah yang di ikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia. Program ini tentu saja sebagai gerakan sukarela dan siapapun yang berminat dipersilahkan.

 

Program tersebut diluncurkan secara virtual oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayan, Nadiem pada juma’at (16/10). Dari 3803 pendaftar, terpilih 750 relawan muda yang bertugas pada Program Mengajar dari Rumah angakatan kedua. Berlangsung pada 18 Oktober sampai dengan 17 November 2020. Pada agkatan pertama telah selesai pada periode 17 Agustus sampai dengan 16 September 2020 lalu.

 

Adapun kegiatan mengajar dari rumah diinisiasi oleh Badan Pengurus Pusat Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional. Hal ini telah menjaring relawan dari mahasiswa serta alumni Bidikmisi begitupun mahasiswa pada aktif umumnya. Seluruh mahasiswa akan terjun langsung untuk mengajar di lingkungan terkecil yang berada tidak jauh dari tempat tinggalnya dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

 

“Saya kagum dan bangga kepada para mahasiswa dan alumni yang terlibat. Di tengah tantangan dan keterbasan kalian, denga jiwa besar dan tanpa pamrih membantu masyarakat dengan cara mengajar dari rumah. Kalian sukarela meringankan beban para murid, guru, dan orangtua dengan memastikan pembelajaran tetap berlangsung walaupun sedang pandemi. Saya dapat laporan, banyak relawan angkatan pertama yang ingin melanjutkan darmabaktinya di angkatan kedua ini. Saya mendukung,” ujar Nadiem melansir dari laman kemendikbud.

 

Mendikbud juga mengingatkan bahwasanya mahasiswa akan selalu membawa perubahan perilaku untuk menekan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Dengan perilaku contoh 3M (Memakai Masker, Mecuci Tangan, Menjaga Jarak) yang sederhana tentunya ini menjadi salah satu mitigasi pencegahan Covid-19.

 

Pada kesempatan yang sama, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam juga sangat mengapresiasi generasi muda yang sudah merelakan waktunya menjadi relawan. “adik-adik mahasiswa dan alumni sangat sadar arti dan manfaat pendidikan, terutama pendidikan tinggi. Ini merupakan modal membangun Indonesia dengan mendidik generasi unggul” tutur Nizam.

 

“Terima kasih telah berkontribusi nyata dengan ilmu yang didapat dan karakter yang ditempa selama mendapatkan Bidikmisi. Kalian juga harus tetap menjaga kesehatan selama melaksanakan program ini. Semoga kita keluar dari pandemi ini sebagai bangsa yang lebih tangguh,” tutup Mendikbud (HLM)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemendikbud Kembali Terjunkan Mahasiswa untuk Mengajar dari Rumah

Trending Now

Iklan

iklan