Harapan Mendikbud Untuk Sistem Pendidikan Indonesia

Kamis, 15 Oktober 2020 | 18:17 WIB Last Updated 2020-10-15T14:48:08Z

Kabarpendidikan.id. Para peserta didik tentu mendambakan suasana pembelajaran yang memberikan keleluasaan kepada mereka dalam mengembangkan potensi mereka, tanpa perlu terbelenggu sistem kurikulum dan metode pembelajaran yang monoton dan mulai usang, yang secara perlahan mebelenggu mereka dalam mengembangkan potensi serta kreativitas mereka didalam dan diluar kelas.

 

Hal tersebut sejalan dengan harapan yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, yang mengutarakan harapannya terhadap dunia pendidikan Indonesia, terutama harapannya dalam memerdekakan para murid dari sistem pembelajaran yang membelenggu potensi peserta didik didalam dan diluar kelas.

 

Dikutip dari laman Jawa Post Nadiem berpesan “Cita-cita kita hanya satu, pembelajaran yang berpihak kepada murid, pembelajaran yang memerdekakan pemikiran, dan potensi murid tersebut,” ungkapnya dalam webinar pembukaan Pendidikan Guru Penggerak, Kamis (15/10).

 

Bertolak dari hal tersebut, dalam meresmikan program Guru Penggerak angkatan pertama, Nadiem menyampaikan bahwa para guru wajib mendukung serta memdampingi para murid dalam usahanya menggapai masa depan yang lebih baik. Mendikbud menginstruksikan agar para guru terus mengeksplorasi serta mencari hal-hal yang baru bagi kemajuan dunia pendidikan Indonesia. Setelah itu, mencari metode yang tepat untuk diaplikasikan kepada peserta didik diruang kelas.

 

“Teruslah mencari cara terbaik untuk diimplementasikan di ruang kelas,” tegas Nadiem.

Nadiem menuturkan proses perbaikan dan pembaharuan sistem dalam pengimpelementasiannya bisa saja terasa asing dan berpotensi menimbulkan beberapa kendala, yang salah satu diantaranya akan banyak keraguan dalam penerapannya. Namun, menurutnya hal itu tidak terlalu menjadi permasalahan.

 

“Keraguan itu wajar, teruslah berproses bersama, tidak ada perlombaan dalam hal ini. Teruslah bergotong-royong, saling mendukung, saling menyemangati, dan saling mengajari,” pungkas Nadiem. (LBM)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Harapan Mendikbud Untuk Sistem Pendidikan Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan