KabarPendidikan.id - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Langkat, Sumatera Utara, menyelesaikan agenda akademik akhir semester dengan penandatanganan Rapor Digital Madrasah (RDM) semester ganjil tahun ajaran 2025/2026. Penandatanganan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kepala MIN 9 Langkat, Sopian, sebagai tanda berakhirnya proses pembelajaran dan penilaian selama satu semester.
Sopian menegaskan bahwa penandatanganan rapor, termasuk dalam bentuk digital, merupakan bentuk pengesahan resmi atas data yang tercantum.
“Setiap tanda tangan yang dibubuhkan adalah validasi bahwa nilai yang disajikan sudah akurat dan sesuai dengan hasil belajar siswa,” ujarnya. Ia juga menambahkan bahwa rapor mencerminkan usaha peserta didik serta peran guru dalam proses pembelajaran.
Penerapan RDM, menurut Sopian, menjadi bagian dari transformasi digital yang terus didorong oleh Kementerian Agama. Ia menyampaikan bahwa sistem ini membantu guru dalam mengolah nilai secara lebih efektif sekaligus meningkatkan transparansi kepada orang tua. Secara tidak langsung, ia menilai bahwa penggunaan RDM mampu memperkuat akuntabilitas pelaporan hasil belajar di madrasah.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Madrasah turut mengapresiasi kinerja guru dan tenaga kependidikan. Ia mengatakan bahwa keberhasilan pelaksanaan RDM tidak terlepas dari komitmen dan profesionalisme para pendidik dalam menginput serta memverifikasi data nilai siswa.
Rapor Digital Madrasah dijadwalkan akan dibagikan kepada wali murid dalam waktu dekat menjelang masa libur semester. Melalui penerapan RDM, MIN 9 Langkat menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan serta tata kelola madrasah yang modern dan akuntabel.
Lebih lanjut, Sopian berharap hasil rapor semester ini dapat menjadi bahan evaluasi dan motivasi bagi peserta didik.
“Bagi siswa yang hasilnya sudah baik, ini harus menjadi pemacu untuk mempertahankan prestasi, sedangkan bagi yang belum maksimal, rapor dapat dijadikan acuan untuk memperbaiki diri,” katanya. Ia juga mengimbau orang tua agar memanfaatkan informasi pada RDM sebagai bahan diskusi yang positif bersama anak.