SMA Saintek Uhamka Boarding School Kirim Delegasi dalam Indonesia Youth Robot Competition ke IX di FKIP Uhamka

Senin, 27 Mei 2024 | 10:07 WIB Last Updated 2024-05-27T03:13:33Z


KabarPendidikan.id
- SMA Saintek Uhamka Boarding School Jonggol (UBS) mengirimkan dua orang siswa kelas X untuk mengikuti kegiatan Indonesia Youth Robot Association (IYRA) di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) Jakarta Timur, Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Minggu (26/5).

 

Indonesia Youth Robot Association (IYRA) adalah bagian dari International Youth Robot Association yang berpusat di Korea Selatan. Organisasi ini memiliki anggota di 30 negara dengan kerja sama lebih dari 200 sekolah di Indonesia dan Asia Tenggara. Berpengalaman menyelenggarakan lomba robotik tingkat nasional dan internasional, sejak tahun 2012.

 

Tuan Rumah dari kegiatan ini adalah Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Uhamka. Pendidikan Fisika didapuk karena memang ilmu robotika juga menjadi bagian dari kurikulum yang digunakan.

 

Sebelum memberangkatkan delegasi kelas 10 SMA Saintek UBS Jonggol yaitu, Chyqta Azzahra Ramadhyena dan Nuraeni Febrianti. Rizki Amrillah, selaku Guru di UBS mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dunia pendidikan terkait pentingnya pengenalan dunia sistem robotika sedini mungkin.

 

“Dalam rangka sebagai media untuk menyalurkan minat, bakat, kreativitas serta prestasi siswa kita di SMA Saintek UBS Jonggol,” tutur Rizki.

 

Sejalan dengan itu, Fajar Yudhistira  selaku Guru pembimbing menyampaikan bahwa pada saat ini, aktivitas manusia sebagian bergantung pada penggunaan gadget, khususnya smartphone.

 

“Dengan teknologi ini, manusia diuntungkan dengan kemudahan yang ditawarkannya, dari mulai bertukar pesan atau berinteraksi dengan keluarga dan teman, menunjang pekerjaan, hingga menjadi alat untuk membantu pencarian alamat melalui peta digital, semua kemudahan tersebut tidak bisa dipisahkan dengan sistem kerja robot. Maka gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk menimba ilmu,” ujar Fajar.

 

Dina selaku peserta mengatakan bahwa mengikuti kegiatan IYRA di FKIP Uhamka ini merupakan pengalaman yang pertama.

 

“Kebetulan sekolah kami baru pertama kali ikut kegiatan ini. Jadi, kami belajar dari awal. Kesan kami saat mengikuti kegiatan ini kakak-kakak pembinanya dan kegiatannya sangat seru. Banyak hal baru yang kita dapat khususnya dalam elektrika dan program-program,” kata Dina selaku peserta.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SMA Saintek Uhamka Boarding School Kirim Delegasi dalam Indonesia Youth Robot Competition ke IX di FKIP Uhamka

Trending Now

Iklan

iklan