Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude, Dosen PBSI FKIP Uhamka Kenalkan Media Digital Kecefon

Kamis, 30 Mei 2024 | 17:58 WIB Last Updated 2024-05-30T16:37:59Z


KabarPendidikan.id - 
Syarif Hidayatullah, Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) berhasil meraih gelar Doktor dari Ujian Sidang Promosi Doktor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan predikat Cumlaude.

 

Dengan disertasi berjudul Pengembangan Model Membaca Dialogis Melalui Media Digital Kecefon Berlatar Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Emergen, Syarif Hidayatullah memperkenalkan Media Digital Kecefon (Kesadaran Cetak dan Fonologis) sebagai media pembelajaran kreatif bagi Guru PAUD dan TK dalam meningkatkan minat dan kemampuan baca bagi anak usia 5-6 tahun melalui cerita-cerita rakyat agar anak aktif.

 

Sidang ini dihadiri oleh Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Prof. Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Emaridial Ulza selaku Sekretaris UHAMKA, Prof. Ade Hikmat selaku Direktur Sekolah Pascasarjana (SPs) Uhamka, Zamah Sari selaku Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Bandung, Prof. Herri Mulyono selaku Kepala LP3KUI Uhamka, Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Ika Yatri selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka, Prof. Prima Gusti Yanti selaku Kaprodi S1 PBSI FKIP Uhamka, Wini Tarmini selaku Kaprodi S3 Pendidikan Bahasa Indonesia SPs Uhamka, serta jajaran dosen dan keluarga Syarif Hidayatullah yang hadir dalam kegiatan serta pimpinan senat Sidang Promosi Doktor UPI yang mencakup Prof. Tri Indri Hardini selaku Pimpinan Sidang, prof. Yeti Mulyati selaku Promotor, Prof. Vismala S Damaianti selaku co-Promotor, Tedi Permadi selaku Anggota Promotor, Prof. Sumiyadi selaku Penguji Dalam, dan Antonius Totok Priyadi selaku Penguji Luar.

 

Yeti Mulyati selaku Promotor Sidang menyampaikan apresiasinya terhadap disertasi Syarif Hidayatullah dalam mengangkat topik yang sangat inovatif dalam mendukung pembelajaran bagi anak-anak usia PAUD dan TK untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mereka melalui bantuan media pembelajaran bagi guru yaitu Media Digital Kecefon.

 

“Saya sangat mengapresiasi Syarif bahwa disertasinya mengambil topik pembahasan yang sangat bermanfaat dan inovatif yaitu melalui pengenalan Media Digital Kecefon yang berbasis cerita rakyat dalam meningkatkan minat membaca dan menulis bagi siswa usia pra-sekolah dengan hasil luaran yaitu meningkatnya kemampuan literasi emergen,” ucap Yeti.

Di penghujung sidang, Antonius Totok Priyadi selaku penguji luar mengucapkan selamat atas pencapaian Syarif Hidayatullah yang telah resmi menjadi seorang doktor di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia.

“Selamat untuk Syarif yang telah meraih gelar doktor dan jadilah seorang doktor yang rendah hati serta gunakanlah ilmu yang diperoleh untuk kepentingan Masyarakat,” ujar Toto.

 

Selanjutnya, Prof. Ade Hikmat selaku Direktur SPs Uhamka mewakili Uhamka mengucapkan selamat kepada Syarif Hidayatullah yang telah resmi menjadi doktor bidang Pendidikan Bahasa Indonesia, menambah jumlah dosen Uhamka yang telah meraih gelar doktor sebagai langkah Uhamka dalam meningkatkan SDM yang berkualitas bergerak di bidang pendidikan dan pengajaran.

 

“Selamat untuk Doktor Syarif yang sudah sah menjadi doktor pendidikan, pencapaian ini merupakan sebuah prestasi yang besar dalam mewujudkan langkah Uhamka dalam meningkatkan kualitas SDMnya melalui program percepatan doktor yang saat ini sedang digencarkan,” ucap Prof. Ade.

 

Diakhir sesi, Syarif Hidayatullah menyampaikan rasa terima kasihnnya kepada keluarga besar Uhamka yang mencakup jajaran pimpinan Rektor, Wakil Rektor, Sekretaris, Lembaga, Dekan, Wakil Dekan serta jajaran dosen-dosen Uhamka juga para penguji, promotor dan anggota promotor Sidang Promosi Doktor UPI dan juga kerluarga besar Syarif yang selalu mendukung dan memotivasinya selama penyusunan disertasi.

 

“Terima kasih kepada Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa Sastra UPI, kaprodi, Promotor dan anggota Promotor belajar banyak mekanisme penelitian dan memberikan banyak masukan luar biasa dan juga untuk para penguji. Saya ucapkan terima kasih kepada pimpinan Uhamka Rektor dan para Warek, Sekretaris Universitas, Dekan FKIP dan para Wadek, Direktur dan Sekretaris SPs Uhamka, Kaprodi PBSI. Kaprodi Bahasa Indonesia S2 dan tidak lupa untuk keluarga anak, istri serta keluarga besar saya atas motivasi dan dukungannya selama proses penyelesaian disertasi ini,” pungkas Syarif.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude, Dosen PBSI FKIP Uhamka Kenalkan Media Digital Kecefon

Trending Now

Iklan

iklan