Dosen Pascasarjana Uhamka Lakukan Edukasi Kesehatan pada Lansia dan Pra-Lansia

Kamis, 30 Mei 2024 | 15:04 WIB Last Updated 2024-05-30T08:04:28Z

KabarPendidikan.id Tim Dosen Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UhamkaUhamka) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bersama dengan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka mengenai Pentingnya Melakukan Stimulasi Activities Of Daily Living (ADL)  Agar Tetap Sehat dan Bugar di masa Lansia. Kegiatan edukasi kesehatan ini dilaksanakan di D’Nurs Wellness Center yang berlokasi di Jl. Radin Inten II No.86 Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Sabtu (11/5).

 

PKM ini merupakan salah satu kegiatan dalam Catur  Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, dimana dosen mempunyai kewajiban turun ke masyarakat, mengajak dan memberdayakan masyarakat.

 

Lanjut usia atau biasa dikenal dengan lansia, merupakan tahap terakhir dari siklus hidup manusia. Saat ini Indonesia termasuk negara dengan jumlah penduduk usia 60 tahun atau lebih (lanjut usia) yang semakin meningkat. dr. Henny Hanna selaku dosen Pascasarjana Uhamka sekaligus ketua tim pada kegiatan edukasi kesehatan  ini menuturkan, bahwasannya menua bukanlah suatu penyakit tetapi merupakan proses alamiah dikehidupan manusia. Namun memang dalam proses tersebut akan mempengaruhi kesehatan fisik ataupun mental sehingga dapat membuat seseorang ketika dimasa lansia menjadi bergantung kepada orang lain untuk dapat melakukan aktifitas sehari-hari atau dalam istilah disebut Activity of daily living (ADL).

 

“ADL adalah aktivitas pokok bagi perawatan diri (kemandirian seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari) seperti: ke toilet, makan, berpakaian (berdandan), mandi, dan berpindah tempat. Untuk meminimalisir dimasa lansia segala kegiatan ADL bergantung kepada oranglain, para lansia ataupun  pra-lansia diharapkan agar menerapkan pola hidup yang sehat seperti tetap mengupayakan untuk dapat melakukan aktifitas fisik setiap hari, membiasakan berjalan kaki, olahraga, mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, istirahat yang cukup serta rutin melakukan pemeriksaan kesehatan,” ujarnya.

 

dr. Henny Hanna  juga menyampaikan bahwa harapannya dengan dilakukannya edukasi ini dapat memberikan dorongan serta motivasi agar para lansia ataupun pra-lansia tetap semangat dalam mengupayakan untuk hidup sehat dan bugar dengan menerapkan pola hidup yang sehat seperti apa yang telah disampaikan pada kegiatan tersebut.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen Pascasarjana Uhamka Lakukan Edukasi Kesehatan pada Lansia dan Pra-Lansia

Trending Now

Iklan

iklan