Dampak Tragedi Maut SMK Lingga Kencana Depok, Pemprov Jabar Tinjau Kegiatan Perpisahan Sekolah

Senin, 13 Mei 2024 | 14:18 WIB Last Updated 2024-05-13T07:18:02Z

KabarPendidikan.id Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan meninjau kembali pelaksanaan perpisahan siswa setelah adanya tragedi kecelakaan maut rombongan SMK Lingga Kencana di Subang beberapa waktu lalu.


Asep Sudarsono selaku Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) mengungkapkan peninjauan tersebut dapat mengevaluasi peraturan yang selama ini ada sehingga dapat mecegah kejadian yang sama dapat terulang kembali.”


“Kejadian ini telah merugikan banyak pihak, baik material dan non material. Banyak korban jiwa yang berasal dari generasi muda,” ujar Asep Sudarsono saat mendatangi SMK Lingga Kencana di Kelurahan Rangkapjaya, Kecamatan Pancoran Mas, Minggu (12/5).


Asep melanjutkan, mengenai kegiatan perpisahan siswa. Bahwa Dinas Pendidikan Jawa Barat telah menerbitkan Surat Edaran untuk seluruh sekolah agar perpisahan digelar secara sederhana. Tapi, beberapa pihak dari orang tua menginginkan agar perpisahan siswa dapat dilakukan di luar sekolah.


“Beberapa meenganggap pelepasan siswa itu merupakan acara terakhir yang dilakukan bersama-sama ketika masa-masa sekolah,” lanjut Asep.


Sementara itu, Aan Suhanan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal memperkirakan adanya kegagalan fungsi rem pada bus yang dinaikin oleh rombongan SMK Lingga Kencana Depok sehingga menyebabkan kecelakaan.


Asumsi tersebut didasari oleh pengamatan polisi di lokasi TKP kejadian, yang menemukan tidak adanya jejak rem kendaraan.


“Saat meninjau lokasi, polisi hanya menemukan bekas ban, satu bagian, yang diprediksi itu ban kanan. Jaraknya beberapa meter dari lokasi. Tidak ada jejak rem bus,” tutur Aan.

DYL

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Tragedi Maut SMK Lingga Kencana Depok, Pemprov Jabar Tinjau Kegiatan Perpisahan Sekolah

Trending Now

Iklan

iklan