Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Generasi Muda di Indonesia

Minggu, 14 Januari 2024 | 09:06 WIB Last Updated 2024-01-14T02:06:00Z

 


Oleh : Nur Amallia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

Kemajuan teknologi telah membawa dampak yang signifikan terhadap gaya hidup khususnya bagi generasi muda saat ini. Hal tersebut di karenakan mudahnya mengakses informasi melalui internet, media cetak, gatget, televisi dan lainnya. Seiring dengan perubahan tersebut, generasi muda saat ini menjadi lebih mudah terhubung dengan dunia luar. Dampaknya terasa dalam beberapa aspek di kehidupan, misalnya dalam pendidikan, perekonomian, komunikasi, hiburan dan lainnya. Generasi muda di era modern ini tumbuh dalam dunia yang serba digital, dan ini membawa dampak positif dan negatif yang perlu semua perhatikan.

 

Salah satu dampak positif dari kemajuan teknologi ada di bidang pendidikan yaitu mudahnya akses informasi dan pembelajaran online. Generasi muda dapat mengakses berbagai sumber pengetahuan dan memperluas wawasan mereka melalui teknologi dengan cepat. Salah satunya adalah saat pandemi covid-19 yang melanda di dunia, kemajuan teknologi sangat memudahkan proses belajar mengajar melalui daring tanpa halangan karena jarak. Selain itu juga semakin banyaknya variasi media pembelajaran berkat perkembangan teknologi.

 

Teknologi juga sangat membantu dalam perekonomian di era modern seperti aplikasi yang membantu masyarakat memudahkan untuk berpergian, memesan makanan, dan berjualan dari rumah. Contohnya seperti aplikasi gojek, shopee food, grab, tokopedia dan masih banyak lagi. Dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan sampingan sebagai driver ataupun menciptakan suatu produk dan menjualnya di aplikasi online.

 

Kemajuan teknologi memungkinkan seseorang untuk terhubung dengan orang lain di seluruh dunia melalui media sosial seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Hal tersebut memungkinkan seseorang untuk memperluas jaringan ke berbagai dunia dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Teknologi juga memudahkan orang untuk mencari berita terkini, referensi jurnal, dan berbagai macam buku cerita elektronik atau e-book.

 

Kemajuan teknologi memberikan banyak dampak positif dalam kehidupan. Namun, tidak semua dampak dari kemajuan teknologi bersifat positif. Teknologi juga memberikan dampak negatif bagi generasi muda yang perlu diperhatikan. Seperti tingginya ketergantungan terhadap gatget dan media social.

 

Banyak sekali generasi muda yang sudah ketergantungan terhadap teknologi. Mereka sering kali menghabiskan waktunya hanya di depan layar bermain game, bersosial media dan mengabaikan interaksi sosial di lingkungan sekitar bahkan dengan keluarganya sendiri. Hal tersebut dapat mengakibatkan kurangnya kemampuan seseorang dalam berkomunikasi secara langsung, seperti kurangnya kontak mata.

 

Selain itu, kemajuan teknologi juga memudahkan untuk mengakses konten konten negatif seperti kekerasan, perjudian online, ponografi dan kejahatan siber(pencurian data dan penipuan online). Generasi muda yang belum cukup matang secara emosional dapat mudah terpengaruh sehingga dapat mengikuti perilaku menyimpang dan mudah ditipu karena kurangnya kewaspadaan.

 

Dengan demikian, kemajuan teknologi memiliki dampak yang sangat kompleks terhadap generasi muda maupun masyarakat luas. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan individual untuk mengantisipasi dan mencegah dampak negatif teknologi. Seperti mempelajari IPTEK(Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dengan bijak dan tepat. Perlu juga menghindari penyalahgunaan teknologi dan memperkuat interaksi sosial secara langsung untuk menjaga interaksi sosial. Selain itu, dalam era modern ini juga pengetahuan teknologi harus selaras dengan ajaran agama yang kuat agar menjadi benteng untuk para generasi muda di tengah derasnya kemajuan teknologi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Generasi Muda di Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan