Cinta Tanah Air

Minggu, 24 Desember 2023 | 10:17 WIB Last Updated 2023-12-24T03:17:00Z


Oleh : Siska Amelia Dwi Ivani

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

 

Sebelum memulai pembahasan, apa yang kalian ketahui tentang cinta tanah air? Cinta tanah air merupakan sebuah sikap dan perilaku yang mencintai, menghargai, dan bangga akan tanah air. Dengan menimbulkan rasa cinta tanah air, maka kita pasti akan menjaga dan melindungi tanah air dari segala bentuk ancaman apapun. Cinta tanah air sama artinya dengan rasa nasionalisme. Tapi perlu diingat, kita boleh mencintai dan bangga akan tanah air tetapi kita juga tidak boleh menganggap atau memandang rendah terhadap bangsa atau negara lain.

 

Didalam sebuah nasionalisme terdapat sebuah rasa persatuan juga kesatuan terhadap bangsa negara kita dan semangat untuk memelihara serta menjaganya dan rela berkorban. Sikap dan perilaku cinta tanah air perlu dikembangkan dalam diri semua masyarakat Indonesia. Ada beberapa contoh sikap dan perilaku cinta terhadap tanah air yaitu : (1) Berbicara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. (2) Mengikuti pemilihan umum. (3) Menjaga budaya bangsa Indonesia. (4) Menggunakan produk buatan negeri. (5) Mempelajari sejarah Indonesia

 

Hal itu merupakan beberapa contoh dari sikap dan perilaku cinta terhadap tanah air. Mengapa kita sebagai masyarakat harus menanamkan rasa cinta tanah air? Karena dengan menanamkan rasa cinta tanah air, kita dapat menjalin persaudaraan yang kuat antar sesama masyarakat Indonesia sehingga dapat menjaga dan melestarikan budaya bangsa dan juga sumber daya alam yang ada di Indonesia.

 

Ada beberapa sebab mulai melunturnya rasa cinta terhadap tanah air, misalnya seperti individualisme, globalisasi, westernisasi, pengaruh media massa, dan lain sebagainya. Tanpa adanya rasa mencintai tanah air, maka negara ini akan sulit untuk bertahan. Ada banyak ancaman yang dapat merusak tanah air salah satu contohnya adalah ancaman militer. Ancaman militer terdapat beberapa macam seperti terorisme, konflik bersenjata, kekerasan mengenai SARA dan separatisme. Sedangakan untuk ancaman non-militer bisa berupa terjadinya pengangguran, sikap tidak siap menghadapi globalisasi, dan lain sebagainya.air

 

Kita sebagai warga negara yang baik harus waspada terhadap ancaman dan melunturnya rasa cinta terhadap tanah air. Karena dengan melunturnya cinta tanah air itu akan membuat kehancuran pada bangsa ini. Itu dikarenakan bangsa kita akan menjadi lemah dan dapat dengan mudah diprovokasi oleh bangsa lain.

 

Salah satu solusi dari persoalan tersebut adalah dengan mempelajari perjuangan para pahlawan terdahulu untuk kemerdekaan bangsa dan negara. Kita bisa mempelajarinya dengan cara mengingat dan menghargai jasa para pahlawan serta bangga kepada mereka. Maka dengan cara itu kita bisa mulai mencintai dan menjaga tanah air kita.

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cinta Tanah Air

Trending Now

Iklan

iklan