Pendidikan Antikorupsi cegah Budaya Korupsi dalam Kehidupan

Senin, 04 September 2023 | 12:34 WIB Last Updated 2023-09-04T05:34:45Z

Penadigital.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjelaskan pentingnya pendidikan anti korupsi di setiap bagian kehidupan, begitupun di seluruh jenjang pendidikan. Hal ini dilakukan agar terjadinya efektivitas jangka panjang terhadap pencegahan korupsi.


“Apabila kita membahas tentang kunci pendidikan yang berorientasi ke depan, strateginya harus memiliki hubungan antara satu sama lain, mulai dari jenjang forl seperti SD, SMP, hingga SMA,” ujar Aida Ratna Zulaiha selaku Direktur Jejaring Pendidikan (Jardik) KPK, Senin (4/9).


Ia melanjutkan, pelajar perlu memelihara integritas mereka dengan menanamkan pendidikan antikorupsi. Setiap jenjang pendidikan pun memiliki strategi dan metode yang berbeda dalam penanaman edukasi.


“Maka dari itu, KPK harus dapat memaksimalkan dengan baik upaya pendidikan antikorupsi tersebut,” pungkas Aida.


Ramah Handoko Kepala Satgas Jardik KPK juga menanggapi hal ini dengan mengungkapkan pelajar dapat berperan sebagai pemerhati tindakan koruptif. Para siswa bisa memanfaatksn situs Jaga.id untuk melaporkan tindakan-tindakan tersebut.


“Saya harap semua stakeholder Bimtek Monev dapat menggunakan aplikasi JAGA.id sebagai dorongan pendidikan sebagai media antikorupsi di Bengkulu,” tutur Ramah. 

DYL
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pendidikan Antikorupsi cegah Budaya Korupsi dalam Kehidupan

Trending Now

Iklan

iklan