Seberapa Besar Tingkat Kesadaran Masyarakat Indonesia terhadap Sampah?

Minggu, 06 Agustus 2023 | 09:35 WIB Last Updated 2023-08-06T02:35:00Z

 


Oleh : Syifa Nadafa Qolbani

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

Indonesia merupakan negara penghasil sampah terbesar kedua di dunia. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Masyarakat Indonesia masih menganggap remeh akan dampak dari hal tersebut. Padahal dengan fakta yang ada dampak dari hal tersebut sangatlah banyak dan tidak seharusnya diremehkan. Karena dampak tersebut dapat menimbulkan kerugian bagi semua masyarakat di Indonesia.

 

Untuk mengurangi sampah plastik yang ada, pemerintah sudah mengupayakan pemisahan antara sampah organik dengan sampah anorganik. Yang dimana hal tersebut diupayakan untuk memudahkan daur ulang sampah plastik. Tetapi upaya tersebut tidak berjalan dengan semestinya dimasyarakat. Hal ini disebabkan karna ketidak pahaman masyarakat untuk membedakan sampah organik dan sampah anorganik. Hal tersebut menjadikan hambatan untuk pendaur ulangan sampah plastik.

 

Sampah plastik menjadi penyebab utama penumpukan sampah. Dikarenakan sampah plastik sangat sulit terurai didalam tanah, berbeda dengan sampah non plastik yang mudah terurai di dalam tanah. Untuk hal itu semestinya penggunaan bahan plastik harus sangat dibatasi. Seperti kantong plastik saat berbelanja seharusnya digantikan dengan karton atau bahan lainya yang mudah terurai. Hal tersebut jika diterapkan terus menerus maka bisa mengurangi limbah plastik yang menumpuk.

 

Dampak dari sebaran sampah sangatlah banyak. Seperti penyumbatan aliran sungai, yang disebabkan karna pembuangan sampah sembarangan dialiran sungai. Banjir, yang disebabkan oleh penyumbatan aliran air tersebut. Sakit demam berdarah, infeksi dan lain sebagainya, yang disebabkan oleh kuman yang timbul karna banyaknya sampah. Banyak hal lain yang bisa terjadi akibat pembuangan sampah yang tidak wajar.

 

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Indonesia tentang sampah pemerintah bisa mengadakan sosialisasi untuk hal tersebut. Seperti mengadakan gotong royong membersihkan tiap desa. Dengan upaya tersebut, sedikit demi sedikit bisa mengurangi sampah yang ada. Masih banyak cara yang dapat dilalukan untuk mengatasi masalah tersebut. Karena masalah tersebut dapat mudah terselesaikan dengan partisipasi seluruh masyarakat di Indonesia.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Seberapa Besar Tingkat Kesadaran Masyarakat Indonesia terhadap Sampah?

Trending Now

Iklan

iklan