PGSD FKIP Uhamka Tingkatkan Kreativitas Ibu PKK Petukangan Selatan dalam Olah Limbah Menjadi Eco-Enzyme

Selasa, 01 Agustus 2023 | 08:40 WIB Last Updated 2023-08-01T01:40:29Z

KabarPendidikan.id - Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui kegiatan Pengolahan Limbah Sampah organik menjadi Eco-Enzym untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif Kelompok PKK. Kegiatan ini dilaksanakan di Petukangan, Jakarta Selatan.
 

Sosialisasi ini dihadiri oleh Darmawati Ketua kelompok, Nur Busyra anggota kelompok, Ervin Azhar anggota kelompok, serta kelompok ibu-ibu PKK Petukangan Selatan sebagai peserta sosialisasi.

 
Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan proses pembuatan Eco-Enzyme dan manfaat multi fungsi dari Eco-Enzyme melalui pelatihan dan praktek pembuatan eco-enzyme, untuk meningkatkan kreatifitas ibu-ibu selepas mengantar anak sekolah, kegiatan mengaji, dan untuk menambah ekonomi keluarga dalam kreativitas keterampilan Eco-Enzyme.

 
Darmawati menyampaikan pembuatan Eco-Enzyme dari sampah organic menjadi bahan berguna bagi Mitra PKK melalui dengan keseriusan mitra untuk melakukan praktek pembuatan dengan berkelanjutan, hingga hasil panen dapat diperoleh oleh program pengabdian masyarakat dapat terlaksana masyarakat yang ada disekitar.

 
“Pemanfaatan limbah rumah tangga dapat berguna dan menghasilkan uang atau disebut sebagai sampah menjadi emas, kebermanfaatannya menghasilkan produk kimia sebagai barang Industri yang bisa menghasilkan cairan pembersih untuk perabotan rumah tangga, deterjen, pembersih kulit, untuk penjernihan air dan  penghilang  bau,  untuk  pengawetan  makanan,  sebagai  insektisida  dan  pestisida, sebagai pupuk organik, dan sebagai biokatalis,” ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PGSD FKIP Uhamka Tingkatkan Kreativitas Ibu PKK Petukangan Selatan dalam Olah Limbah Menjadi Eco-Enzyme

Trending Now

Iklan

iklan