Mobile Legends Jadi Olahraga Esport Indonesia

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 09:15 WIB Last Updated 2023-08-19T02:15:00Z


Oleh : Irham Satya Nugraha 


Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

Perkembangan Teknologi Informasi di era milenial saat ini sangatlah pesat. Perkembangan teknologi membawa pengaruh besar terhadap kehidupan sosial di masyarakat. Salah satu contoh perkembangan teknologi adalah Internet. Internet merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat teknologi dari satu perangkat ke perangkat lain secara global. Dengan adanya internet membuat mudah seseorang untuk bertukar informasi secara cepat.

 

Jumlah pengguna interet di era milenial saat ini sangatlah besar mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lanjut usia. Namun sering digunakan oleh kalangan remaja. Internet di kalangan remaja Indonesia lebih sering digunakan untuk bermedia sosial, menonton film, dan juga bermain video game. Video game di kalangan remaja sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk mengisi waktu luang. Game yang saat ini sedang booming di Indonesia adalah

 

Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang merupakan game online bergenre multiplayer online battle arena atau disingkat MOBA berkembang pesat di Indonesia sejak dirilis pada tahun 2016 sampai sekarang. Mobile Legends banyak memberikan dampak positif di kalangan remaja saat ini, sebagai contoh membangun kekompakan bersama teman, berlatih membuat strategi untuk mencapai kemenangan, lalu berkurangnya remaja yang menggelar aksi tauran dan balap liar.

 

Sudah banyak turnamen resmi yang diselenggarakan oleh Mobile Legends mulai dari perlombaan nasional hingga dunia. Turnamen resmi yang selalu diadakan setiap 3 bulan sekali adalah Mobile Legends: Bang Bang Profesional League (MPL) lebih dikenal MPL Indonesia atau MPL-ID. MPL-ID berfungsi sebagai kualifikasi langsung untuk tim Indonesia mengikuti Mobile Legends: Bang bang Southeast Asia Cup (MSC Cup) yang diikuti oleh seluruh negara di Asia dan Mobile Legends: Bang Bang World Championship (M-World Championship) yang merupakan perlombaan ajang dunia.

 

Baru-baru ini Mobile Legends menjadi perlombaan baru di Pesta Olahraga Asia Tenggara 2023 Kamboja. Indonesia memenangkan medali emas untuk perlombaan Mobile Legends Putri. Ini menjadi perkembangan besar untuk game Mobile Legends di Esport Indonesia. Ternyata game yang sering diasumsikan memberikan dampak negatif untuk remaja ternyata bisa menjadi alat untuk mengharumkan bangsa nya di kalangan dunia. Ini membuktikan bahwa tidak selalu game membawa pengaruh buruk untuk remaja.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mobile Legends Jadi Olahraga Esport Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan