FKIP Uhamka Kirimkan 2 Mahasiswa Pendidikan B. Jepang ke Negeri Sakura dalam Program MBKM Magang Bersertifikat Internasional

Senin, 24 Juli 2023 | 11:40 WIB Last Updated 2023-07-24T04:40:25Z


KabarPendidikan.id
Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan acara pelepasan dua mahasiswanya pada pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Magang Bersertifikat di Jepang, Selasa(18/7).


Acara pelepasan ini dilaksanakan di ruang sidang B Kampus B FKIP Uhamka, dengan dihadiri oleh Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka, para Wakil Dekan, yakni Sri Astuti selaku Wakil Dekan I, Samsul Maarif selaku Wakil Dekan II, Harinaredi selaku Wakil Dekan III, dan Muhammad Dwifajri selaku Wakil Dekan IV.


Selain itu, acara juga dihadiri oleh Rita Agustina Karnawati selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Ayu Putri Seruni  selaku Sekretaris Program Studi, serta segenap dosen-dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka.


Pada acara pelepasan ini, turut mengundang orang tua dari dua mahasiswa yang akan berangkat magang ke Jepang, yaitu orang tua dari Bagas Dwi Nugroho dan Fisonia Grendys. Bagas dan Fisonia merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang yang saat ini sedang berkuliah di Semester IV.


Acara diawali oleh pelaporan garis besar kegiatan program magang dan pelepasan dua mahasiswa yang akan berangkat oleh Rita Agustina Karnawati selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang.


"Hari ini dilaksanakan pelepasan dua mahasiswa kami, yaitu Bagas dan Fisonia untuk mengikuti program magang selama enam bulan di Jepang, lebih tepatnya di PT Hirokawa, yang mana kami sudah melakukan kerja sama dengan PT Hirokawa untuk mengirimkan mahasiswa kami untuk magang di sana. Bagas dan Fisonia merupakan mahasiswa yang akhirnya terpilih setelah dilakukan rangkaian seleksi baik dari Program Studi dan pihak Hirokawa. Sehingga diharapkan dengan terpilihnya mereka berdua untuk berangkat ke Jepang menjadi suatu pengalaman yang baik dan mampu meningkatkan kompetensi berbahasa Jepang mereka selama enam bulan lamanya berada di Jepang. Saya juga berharap melalui kegiatan ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi para mahasiswa, memperkaya pengetahuan dan keterampilan mereka, serta memperluas peluang mereka dalam memasuki dunia kerja " tutur Rita.


Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka dalam sambutannya, ia memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat atas terpilihnya dua mahasiswa yang akan berangkat magang ke Jepang. Beliau juga memberikan pesan kepada dua mahasiswa ini untuk menjaga nama baik Universitas, Fakultas, dan Program Studi.


"Selamat kepada dua mahasiswa kita telah terpilih untuk mengikuti program MBKM magang ke Jepang. Saya harap kalian dapat meraih banyak pengalaman dan belajar untuk bagaimana terjun ke dunia kerja. Ikuti etos kerja negara Jepang yang terkenal bagus, sehingga nanti ketika kembali ke Indonesia kalian menjadi mahasiswa yang lebih unggul karena memiliki pengalaman yang tidak dimiliki teman kalian yang lain. Jangan lupa, selalu jaga nama baik Program Studi, Fakultas, dan Universitas. Tunjukkan bahwa kalian mahasiswa yang kompeten," ujarnya.


Program magang bersertifikat ini merupakan langkah konkret Prodi PBJ FKIP Uhamka dalam mendukung kebijakan dan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yakni Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.


Salah satu persyaratan bagi para mahasiswa yang berkesempatan mengikuti program ini adalah kemampuan berbahasa Jepang setidaknya setara dengan level N4. Dari 10 mahasiswa yang mendaftar terseleksi, dua mahasiswa terpilih dan lolos untuk berangkat ke perusahaan tempat magangnya di Jepang, yaitu Bagas dan Fisonia.


Program magang ke Jepang di PT Hirokawa Jepang, akan dilaksanakan selama enam bulan, yaitu bulan Agustus 2023 - Januari 2024 dengan mengkonversi 20 SKS dari perkuliahan di Prodi PBJ FKIP Uhamka. Melalui program ini, peserta magang diharapkan bisa memecahkan permasalahan yang ditemui di tempat kerja, sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan.


Hal ini menjadi peluang bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman berharga sekaligus pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan dan keahlian yang relevan dan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di negara tersebut.


Mari bergabung bersama program studi Pendidikan Bahasa Jepang untuk mwningkatkan kemampuan dalam bahasa Jepang. Hingga kini, FKIP Uhamka telah memiliki 12 program studi diantaranya pendidikan bahasa Jepang. Selengkap dapat bergabung melalui tautan berikut https://uhamka.ac.id/reg/

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • FKIP Uhamka Kirimkan 2 Mahasiswa Pendidikan B. Jepang ke Negeri Sakura dalam Program MBKM Magang Bersertifikat Internasional

Trending Now

Iklan

iklan