Dosen FK Uhamka Edukasi Deteksi Dini Penyakit Jantung Koroner Kepada Kader Puskesmas Pondok Kacang Timur

Senin, 24 Juli 2023 | 13:31 WIB Last Updated 2023-07-24T06:31:14Z


KabarPendidikan.id
- Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Pengabdian masyarakat yakni berupa penyuluhan edukasi deteksi dini dan pencegahan Penyakit Jantung Koroner (PJK) terhadap kader puskesmas Pondok Kacang Timur, Tangerang Selatan, Selasa (27/3).

 

Acara pengabdian masyarakat ini diketuai oleh dr. Sidhi Laksono, seorang dokter pakar spesialis jantung dan pembuluh darah dan dibantu oleh dosen FK Uhamka, dr. Endin Nokik Stujanna selaku dosen FK Uhamka, serta mahasiswa kedokteran FK Uhamka yakni Febiy Tiara dan Siti Lawuny. Kegiatan ini dihadiri kader puskesmas di lingkungan Puskesmas Pondok Kacang Timur.

 

Dalam kegiatan ini, dr. Sidhi Laksono juga menjadi narasumber. Ia memaparkan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya deteksi dini tanda dan gejala, faktor resiko, serta pencegahan terhadap PJK yang dapat dilakukan melalui metode CERDIK sehingga dapat mengurangi angka kejadian dan angka kematian PJK. Selain itu, ia juga memberikan edukasi tentang pertolongan pertama pada PJK.

 

“Berdasarkan data Kemenkes RI pada tahun 2019, Penyakit Jantung Koroner (PJK) di Indonesia merupakan penyebab utama dan pertama dari seluruh kematian, yakni sebesar 26,4%. Angka ini empat kali lebih tinggi dari angka kematian yang disebabkan oleh kanker (6%). Dengan kata lain, lebih kurang 1 diantara 4 orang yang meninggal di Indonesia adalah akibat PJK. Maka diharapkan dengan adanya penyuluhan ini dapat mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk melakukan deteksi sedini mungkin sehingga angka kejadian dan angka kematian dari PJK berkurang, dan kader puskesmas merupakan sasaran yang tepat untuk melakukan hal ini,” ucap dr. Sidhi Laksono.

 

Para peserta sangat antusias dilihat dari berbagai macam pertanyaan yang muncul dan nilai post test yang mengalami kenaikan dibandingkan dengan nilai pretest yang diberikan sebelum kegiatan berlangsung sehingga dapat dijadikan parameter mengenai peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai PJK.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen FK Uhamka Edukasi Deteksi Dini Penyakit Jantung Koroner Kepada Kader Puskesmas Pondok Kacang Timur

Trending Now

Iklan

iklan