Sepakbola Indonesia; Seharusnya Menyatukan, bukan Menghancurkan

Minggu, 04 Juni 2023 | 09:08 WIB Last Updated 2023-06-04T02:08:00Z

 





Oleh :  Ismail Abdurrohman

Mahasiswa FEB UHAMKA


Sepakbola menjadi salah satu olahraga yang paling diminati di dunia, terkhusus di Indonesia filosofi sepakbola adalah seperti suku yang melekat dengan erat sehingga mendukung klub asal tanah kelahiran adalah harga mati bagi beberapa orang. Hal ini menimbulkan berbagai masalah tersendiri di Indonesia, seperti tawuran antar pendukung, merusak fasilitas klub, dan kerusuhan di dalam stadion. Padahal, seharusnya di zaman modern seperti ini sepakbola dapat dimanfaatkan sebagai sarana penyambung tali persaudaraan antar suku dan daerah.

Menurut data dari Litbang Save Our Soccer tercatat sudah 78 suporter yang meninggal di Liga Indonesia yang kemudian diperparah dengan tragedi Kanjuruhan, Malang yang tercatat sebanyak 133 orang meninggal. Data ini menunjukkan betapa buruk dan mengerikannya kondisi sepakbola di Indonesia. Saudara-saudara kita yang meregang nyawa harus menjadi perhatian kita, karena sesungguhnya setiap nyawa itu berharga.

Perubahan serta perbaikan di setiap lini harus dilakukan, baik itu dalam internal manajemen liga, keamanan pada setiap laga, serta suporter setiap klub. Internal manajemen liga sebaiknya tidak usah terlalu mementingkan rating dan uang, memainkan laga pada malam hari hanya akan menimbulkan banyak masalah yang akan berdampak pada liga itu sendiri, terutama laga besar seperti derby dan rival. Selanjutnya perangkat keamanan, sudah seharusnya mengamankan dengan hati dan pikiran, tidak melulu soal instruksi dari atasan, karena kondisi lapangan sewaktu-waktu dapat berubah. Dan suporter, sudah waktunya untuk mendukung klub tercinta dengan bersih dan damai, kerusuhan yang terjadi dalam stadion dan di luar stadion hanya akan menimbulkan dampak negatif pada klub, maka dari itu alangkah indahnya jika kedamaian mendukung dan bersorak ria untuk klub tercinta dapat tercipta.

Bersatu dan bersinergi menjadi kunci keberhasilan dalam memperbaiki kondisi sepakbola kita, mari sama-sama berintrospeksi, berdamai dan mengesampingkan ego kita demi terciptanya sepakbola Indonesia yang indah, nyaman, dan dapat dinikmati oleh setiap kalangan.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sepakbola Indonesia; Seharusnya Menyatukan, bukan Menghancurkan

Trending Now

Iklan

iklan