Kelola Limbah menjadi Barang Bermanfaat, Dosen FFS Uhamka Lakukan Penyuluhan Pemanfaatan Kulit Bawang Putih dan Kulit Jeruk sebagai Spray Antiserangga

Sabtu, 24 Juni 2023 | 14:47 WIB Last Updated 2023-06-24T07:47:36Z

KabarPendidikan.id Seorang dosen memiliki tugas pokok dalam menjalankan fungsi tridharma perguruan tinggi seperti pengajaran, penelitian dan hingga pengabdian kepada masyarakat. Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan penyuluhan pemanfaatan kulit bawang putih dan kulit jeruk sebagai spray antiserangga skala rumah tangga bagi ibu-ibu dilingkungan Rusunawa Rorotan Jakarta Utara, Kamis (22/6).


Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen FFS Uhamka yakni Agustin Yumita, Fujianti, Novia Delita dan perwakilan dari UPRS III yakni Bonar Sitorus selaku Kabag Keuangan UPRS III beserta Hendi selaku Kasatlak Penertiban yang membuka kegiatan tersebut. Peserta yang hadir sebanyak 26 orang.


Tujuan kegiatan ini memberikan penyuluhan kepada ibu sekitar Rusunawa Rorotan mengenai limbah rumah tangga yang selama ini dibuang namun bisa digunakan menjadi barang yang berguna. Kulit bawang putih dan kulit jeruk tanpa sadar dibuang karena dianggap sebagai sampah. Namun, dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberikan edukasi bahwa kulit bawang putih dan kulit jeruk bisa dipakai sebagai bahan utama dalam membuat spray antiserangga skala rumah tangga.


Selain itu, Agustin Yumita selaku ketua Tim pengabdian masyarakat mengungkapkan dengan adanya kegiatan ini, mampu memberikan edukasi kepada ibu-ibu di Rusunawa Rorotan dalam mengolah kulit bawang putih dan kulit jeruk menjadi produk yang bermanfaat.


“Kulit bawang putih dan kulit jeruk tentu memiliki manfaat dan kegunaanya sendiri. Dengan adanya penyuluhan ini, nantinya ibu-ibu akan bisa memanfaatkan kulit-kulit tersebut menjadi barang yang bermanfaat. Disamping itu kita ikut membantu mengurangi sampah rumah tangga,” pungkasnya.


Disisi lain, Bonar Sitorus selaku Kabag Keuangan UPRS III berharap ada kegiatan ini dapat berkesinambungan, karena ini adalah bagian dari pemberdayaan masyarakat Rusunawa Rorotan yang berimplikasi kepada dampak ekonomi.


“Kegiatan ini nantinya tentu akan menghasilkan luaran sebuah karya. Karya tersebut tentu akan menjadi media pemanfaatan ekonomi. Bisa kita  jual atau dipakai sendiri,” lanjutnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kelola Limbah menjadi Barang Bermanfaat, Dosen FFS Uhamka Lakukan Penyuluhan Pemanfaatan Kulit Bawang Putih dan Kulit Jeruk sebagai Spray Antiserangga

Trending Now

Iklan

iklan