Dukung Program Kampus Merdeka Kemendikbudristek, Program Magister dan Doktor FPBS UPI Laksanakan Kuliah Umum di UNDIKSHA

Jumat, 09 Juni 2023 | 13:00 WIB Last Updated 2023-06-16T01:27:51Z


KabarPendidikan.id
- Program Studi Magister dan Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar kuliah umum serta pengembangan kurikulum program studi S2 dan S3 bertemakan Pengembangan Mutakhir Pendidikan Bahasa dan Sastra di Gedung Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Bali pada Jumat (9/6).

 

Kegiatan ini turut dihadiri secara daring melalui zoom meeting Prof Tri Indri Hardini selaku Dekan FPBS UPI, kemudian hadir secara langsung di Aula Pascasarjana UNDIKSHA diantaranya Andoyo Sastromiharjo selaku Ketua Prodi S2 dan S3 Pendidikan Bahasa Indonesia FPBS UPI, Assoc Prof Yeti Mulyati selaku Dosen S2 dan S3 Pendidikan Bahasa Indonesia, Sri Maryati selaku staf prodi, serta mahasiswa S2 dan S3 Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FPBS UPI dan mahasiswa dari UNDIKSHA.

 

Andoyo Sastromiharjo selaku Kaprodi S2 dan S3 Pendidikan Bahasa Indonesia menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek terkait dengan kampus merdeka. Ia melaporkan ada 44 mahasiswa S2 dan S3 FBS UPI yang hadir secara langsung dalam kegiatan kuliah umum  UNDIKSHA dan juga para mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut secara daring.

 

“Kami berharap dari adanya rihlah telaah ini akan bisa meningkatkan berbagai kompetensi yang ada pada para mahasiswa kami. Kami juga berharap bahwa kegiatan kuliah umum perguruan tinggi pakar ini akan menjadi kegiatan rutin dilaksanakan oleh program studi Pendidikan Bahasa Indonesia S2 dan S3 FPBSUPI. Mudah-mudahan ini akan memberikan kecerahan dari sisi keilmuwan kita, sehingga para mahasiswa dapat lulus tepat waktu, Insya Allah dapat diraih,” tutur Andoyo.

 

Sementara itu, Prof Tri Indri Hardini selaku Dekan FPBS UPI dalam sambutannya megatakan bahwa kuliah umum ini sangat bermanfaat karena mendapatkan banyak informasi, terutama yang berkaitan dengan kurikulum dan perkembangan muktahir pendidikan bahasa dan sastra.

 

“Kegiatan yang dilakukan ini sangat positif, yang bertajuk kuliah umum dan kegiatan kuliah umum ini menghadirkan narasumber yang luar biasa. Saya berharap melalui kegiatan ini bisa membuahkan kebaikan dalam upaya memajukan pendidikan di Indonesia,” ujar Prof Tri.

 

Di lain pihak, Prof Ida Bagus Putrayasa selaku Wakil Direktur I Program Pascasarjana UNDIKSHA menyampaikan, di Pascasarjana UNDIKSHA ini menerapkan program Kemendikbudristek yaitu merdeka belajar dan disesuaikan perkembangan yang ada. Ia mengatakan mulai dari jenjang S1 hingga S3 menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), namun pada jenjang S1, S2, dan S3 memiliki perbedaan SKS dalam menjalankan program MBKM ini.

 

“Untuk para mahasiswa saya mengharapkan 3 tahun masa studi. Jadi pesan saya adalah untuk fokus menyelasikan perkuliahannya secara tepat waktu,” jelas Prof Ida Bagus.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dukung Program Kampus Merdeka Kemendikbudristek, Program Magister dan Doktor FPBS UPI Laksanakan Kuliah Umum di UNDIKSHA

Trending Now

Iklan

iklan