Bupati Serang Tetapkan Skala Prioritas Pendidikan Melalui Program Pusat

Sabtu, 06 Mei 2023 | 16:38 WIB Last Updated 2023-05-08T07:46:10Z

KabarPendidikan.id - Ratu Tatu Chasanah selaku Bupati Serang berkomitmen untuk menggulirkan banyak program dan anggaran guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Serang. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan yang menjadi program prioritas yang dijalankan bupati perempuan pertama Kabupaten Serang itu. Hal itu disampaikan Tatu usai upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 di halaman Pendopo Bupati Serang.



"Pendidikan menjadi salah satu program skala prioritas Pemda Serang. Yakni, salah satu indikator untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kami pun berkomitmen untuk melaksanakan program pemerintah, Merdeka Belajar dan Merdeka Belajar," terang Tatu.



Dalam sejumlah program pendidikan yang digulirkan Pemkab Serang, antara lain beasiswa untuk 1.300 siswa SD, beasiswa 1.392 siswa SMP, dan beasiswa 386 siswa SD-SMP penghafal Al-Qur'an. Ada juga beasiswa perguruan tinggi yang sudah diterima |1.268 mahasiswa sejak tahun 2017.


"Semua masyarakat mempunyai kesempatan yang sama terkait pendidikan di tingkat apa pun. Program beasiswa diberikan untuk siswa yang kurang mampu dan berprestasi, alhamdulillah terus berjalan " tutur Tatu.



Selain itu pemkab Serang juga menjalankan program kejar paket A, B, dan C. Rinciannya, 115 paket A, 3.197 paket B, dan 5.975 paket C. Kemudian untuk tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, diturunkan insentif dengan total anggaran Rp 53,78 miliar.



Sejumlah sarana prasarana pendidikan juga ditingkatkan oleh Pemkab Serang. 1.398 ruang kelas SD dan SMP telah selesai diperbaiki yang menjadi kewenangan Pemkab Serang. Untuk semua ruang kelas SMP, kata Tatu, saat ini seluruhnya dalam kondisi baik.



"Setiap tahunnya Pemkab Serang mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki ruang kelas yang rusak. Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana pendidikan, menjadi bagian dari prioritas program yang kami jalankan," jelas Tatu.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menambahkan dalam hal peningkatan sumber daya manusia, pihaknya sudah mencanangkan berbagai program. Program tersebut antara lain guru penggerak dan sekolah penggerak yang menjadi atensi dari pemerintah pusat.


"Program guru penggerak ini, setiap guru diberikan pelatihan kepemimpinan sehingga dapat meningkatkan kualitasnya sebagai tenaga pendidik," tutur Asep.


Dalam program sekolah penggerak, terang Asep, setiap kepala sekolah juga dilatih kepemimpinan.


"Sekolah penggerak ini menjadi syarat yang diutamakan, yakni kemampuan kepala sekolah yang lulus pelatihan sekolah penggerak," ujar Asep.


Momen upacara Hardiknas 2023 Pemkab Serang digelar berbeda dari sebelumnya. Seluruh aparatur Pemkab Serang memakai pakaian adat nusantara, dan mayoritas seragam pangsi silat Kaserangan. Setelah upacara, digelar halal bihalal bersama Forkopimda Kabupaten Serang. 

(Annisa Nurani/dyl)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Serang Tetapkan Skala Prioritas Pendidikan Melalui Program Pusat

Trending Now

Iklan

iklan