Versi Terbaru Turnitin Ciptakan Kemampuan Al Pendeteksi Keaslian Tulisan

Senin, 10 April 2023 | 11:54 WIB Last Updated 2023-04-12T03:58:50Z

KabarPendidikan.id - Turnitin, penyedia solusi integritas akademik terkemuka di dunia, hari ini resmi mengaktifkan kemampuan AI-nya untuk mendeteksi orisinalitas tulisan.

 

Teknologi ini mendeteksi penggunaan alat tulis berbasis AI seperti ChatGPT dengan keandalan 98%, memungkinkan para pengajar menganalisis dan memverifikasi keaslian hasil tulis akademik.

 

Turnitin mulai mengembangkan kemampuan autentik untuk GPT3, teknologi di balik banyak program pembuatan berbasis AI, sekitar dua tahun sebelum ChatGPT dirilis.

 

Kemampuan Turnitin untuk mendeteksi tulisan AI dikembangkan untuk membantu pengajar dan lembaga akademik untuk mendeteksi keberadaan teks yang dihasilkan AI dalam tulisan siswa. Hal ini terintegrasi dengan sistem Turnitin yang ada dan dapat diakses melalui sistem manajemen pembelajaran.

 

Yang terpenting, para pengajar yang sudah menggunakan Turnitin tidak perlu mengambil langkah tambahan apa pun untuk mengaktifkannya. Lebih dari 10.700 lembaga pendidikan dan lebih dari 2,1 juta pengajar dapat dengan cepat dan mudah mengevaluasi keberadaan teks yang dihasilkan AI dan memberikan umpan balik dalam alur kerja Turnitin mereka saat ini.

 

Detektor AI Turnitin memberikan ukuran evaluatif tentang berapa banyak kalimat dalam teks yang dikirimkan yang mungkin dihasilkan oleh AI, yang dapat digunakan pengajar untuk menentukan apakah peninjauan, penyelidikan, atau diskusi tambahan dengan siswa diperlukan.

 

Kemampuan deteksi tulisan AI Turnitin tersedia dalam produk dan solusi yang sudah ada, termasuk: Turnitin Feedback Studio (TFS), TFS with Originality, Turnitin Originality, Turnitin Similarity, Simcheck, Originality Check, dan Originality Check+.

 

"Para pengajar mengatakan pada kami bahwa kemampuan mendeteksi teks tertulis buatan AI secara akurat adalah prioritas pertama mereka saat ini. Mereka harus dapat mendeteksi AI dengan kepastian yang sangat tinggi untuk menilai keaslian karya siswa dan menentukan cara terbaik untuk langkah penanganannya," kata CEO Turnitin, Chris Caren dalam keterangan pers.

 

"Sama pentingnya bagi mereka agar teknologi pendeteksian itu menjadi bagian mulus dari alur kerja yang sudah ada, yang telah kami tindak lanjuti dengan mengintegrasikan kemampuan pendeteksian AI ke dalam solusi Turnitin," tambahnya.

 

Menurut James Thorley, Wakil Presiden Regional Turnitin Asia Pasifik, akademisi, pengajar, dan administrator universitas di Asia Tenggara sangat menyadari potensi dampak penggunaan AI seperti ChatGPT di wilayah tersebut.

 

"Para pengajar di Indonesia menyadari peranti AI dapat berdampak terhadap kualitas pekerjaan siswa dan pengalaman belajar. Namun, sementara komunitas menganggap bahwa peranti AI juga dapat menjadi kekuatan untuk kebaikan, ketergantungan yang tinggi pada teknologi dapat menghambat pemikiran kritis dan integritas akademik yang merupakan nilai inti untuk pengembangan masyarakat," jelas Thorley.

 

Untuk membantu komunitas pendidikan menavigasi dan mengelola teknologi baru di kelas, Turnitin telah meluncurkan halaman sumber daya tentang pembuatan AI. Halaman web yang tersedia untuk umum diperbarui secara berkala dengan sumber daya praktis dari tim pengajaran dan pembelajaran perusahaan, yang terdiri dari mantan pelatih maupun masih aktif.

 

Sumber daya saat ini mencakup glosarium istilah AI, panduan untuk memperbarui praktik integritas akademik di era AI, dan rubrik Penyalahgunaan AI yang dapat diunduh untuk membantu pengajar mengantisipasi potensi penggunaan AI dalam tugas menulis tertentu. Halaman ini juga merinci kemajuan yang dibuat dalam meningkatkan kemampuan deteksi seiring kemajuan teknologi generasi AI.

 

Selama 25 tahun, Turnitin telah menjadi mitra tepercaya bagi para pengajar, memberikan umpan balik tentang tulisan siswa dan membantu mempertahankan standar integritas akademik di lebih dari 16.000 lembaga pendidikan di 140 negara di seluruh dunia. 

(Nanda/dyl)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Versi Terbaru Turnitin Ciptakan Kemampuan Al Pendeteksi Keaslian Tulisan

Trending Now

Iklan

iklan