Pemberian TPG Triwulan 1 2023 untuk Guru Tidak Terlepas dari Status Validasi di Info GTK

Rabu, 12 April 2023 | 11:43 WIB Last Updated 2023-04-12T04:43:53Z

 


KabarPendidikan.id - Pemberian TPG triwulan 1 2023  untuk guru tak  terlepas dari status validasi di Info GTK.Sebab pencairan TPG triwulan 1 2023 untuk guru hanya bisa dilakukan jika status validasi di Info GTK guru telah dinyatakan valid.


Apabila semua data-data guru di Info GTK telah dinyatakan valid, maka untuk proses pencairan TPG triwulan 1 tahun 2023 juga akan semakin dekat. Dalam hal ini, banyak guru yang Info GTK nya telah dinyatakan valid atau berwarna biru.


Jika telah dinyatakan valid, maka para guru yang bersangkutan tinggal menunggu pengusulan oleh operator tunjangan.Lebih lanjut pada hasil validasi di Info GTK guru mengenai menu yang ada di pokok kanan atas Info GTK atau yang perbaharui.


Perlu diketahui oleh guru bahwasanya untuk menu yang ada di pojok kaman atau Info GTK adalah untuk merefresh tampilan. Dalam hal tersebut ada beberapa guru yang berhasil merubah hasil validasi yang awalnya tidak valid menjadi valid setelah mengklik menu tersebut.


Di sisi lain, juga ada guru yang telah mengklik menu tersebut belum ada perubahan terkait hasil validasi guru. Meski demikian, guru juga harus mengetahui bahwa dalam mengklik menu tersebut ada jumlah maksimalnya.


Dalam hal ini yang diijinkan  hanya reload ulang data sebanyak tiga kali dalam satu periode validasi. Dalam hal tersebut jika guru telah mengklik menu tersebut satu kali, dan tetap tidak ada tampilan hasil validasi yang berubah, maka dapat membiarkannya.


Apabila telah beberapa kali, tetapi belum valid, memang dalam keseluruhan guru yang PPG 2022 untuk statusnya tidak valid. Selain itu, guru juga harus mengetahui bahwasanya terdapat tiga kategori guru dalam status validasi di Info GTK, yakni ada guru yang hasil validasinya blank, hasil validasinya tidak valid, dan juga ada yang isinya sertifikat pendidikannya belum lulus.


Dari ketiga hal tersebut guru-guru juga harus memperhatikan data-data seperti beban mengajar, usia, keaktifan, dan lain sebagainya. Selain itu, jika data di Dapodik telah valid, maka di Info GTK pun juga akan valid, sehingga perlu untuk memperhatikan sinkronisasi data guru sebelum pencairan TPG triwulan 1 tahun 2023.


(Annisa Nurani/SAN)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemberian TPG Triwulan 1 2023 untuk Guru Tidak Terlepas dari Status Validasi di Info GTK

Trending Now

Iklan

iklan