Harvard Adakan Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa

Sabtu, 01 April 2023 | 08:42 WIB Last Updated 2023-04-01T01:42:09Z


KabarPendidikan.id
Bahasa Indonesia kini diajarkan di Universitas Harvard. Selain bahasa Indonesia, salah satu kampus paling terkenal di dunia ini juga mengajarkan bahasa Tagalog dari Filipina dan bahasa Thai dari Thailand.

 

Dilansir dari The Harvard Crimson, keputusan Harvard untuk mengadakan mata kuliah bahasa Indonesia, Tagalog, dan Thai ditujukan untuk mengembangkan studi budaya Asia Tenggara. 

 

"Kami sangat bersemangat dan berharap bahwa posisi ini akan menjadi pengubah dalam misi jangka panjang Pusat Asia Universitas Harvard untuk membangun studi Asia Tenggara di Harvard," ujar Direktur Eksekutif, Elizabeth K. Liao

 

Sampai saat ini Harvard belum memiliki Departemen Studi Budaya Asia Tenggara sendiri, sehingga tetap berada di bawah naungan Departement of South Asian Studies.

 

Untuk membantu penyelenggaraan pelaksanaan mata kuliah bahasa-bahasa ini, Departement of South Asian Studies Harvard University akan mempekerjakan tiga pengajar untuk mengajar bahasa Indonesia, Tagalog, dan Thai. Perkuliahan dalam tiga bahasa tersebut kabarnya akan dimulai pada tahun ajaran 2023/2024. 

 

James Robson, selaku profesor bahasa dan Peradaban Asia Timur dan direktur The Asia Center, mengatakan bahwa pihaknya telah menghabiskan lebih dari dua tahun untuk meningkatkan pendidikan tentang Asia Tenggara di Harvard. 

 

"Saya berharap, kami bisa menunjukkan bahwa ada permintaan atas bahasa-bahasa ini dan menunjukkan kalau mahasiswa datang dan berminat dengan ini," kata Robson.

 

"Kemudian semoga kami juga bisa menggunakan ini untuk meyakinkan pemerintah untuk lebih mendukung studi Asia Tenggara secara umum dan pengajaran bahasa pada khususnya," lanjutnya.

 

Selain Harvard, pengajaran bahasa Indonesia juga telah dilakukan di beberapa universitas di dunia, antara lain University of Turku, Finlandia; Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan; Tokyo University of Foreign Studies, Jepang; dan Chulalongkorn University serta Naresuan University, Thailand.

 

Tidak hanya di tingkat universitas, bahasa Indonesia juga banyak dipelajari di sekolah-sekolah Australia. 

 

Melansir dari Wikipedia bahasa Indonesia saat ini menempati urutan ke-25 dari 250 Wikipedia bahasa asing di dunia, menurut situs Kementerian Luar Negeri. Sedangkan bahasa Indonesia berada di urutan ketiga di Asia setelah Jepang dan Mandarin. 


(Nanda/adp)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Harvard Adakan Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa

Trending Now

Iklan

iklan