Haedar Nashir, Maknai Risalah Islam Berkemajuan Bukti Sejarah Keemasan Umat Manusia

Jumat, 31 Maret 2023 | 19:00 WIB Last Updated 2023-04-01T01:47:54Z


KabarPendidikan.id
- Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) yang diamanahkan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyelenggarakan Pembukaan Pengajian Ramadan 1444H dengan tema "Risalah Islam Berkemajuan: Aktualisasi dalam Persyarikatan, Umat, dan Bangsa". Acara ini dilaksanakan di Aula Ahmad Dahlan Lantai 6 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka), Jumat (31/3).

 

Pengajian ini sendiri terlaksana pada Jumat, 31 Maret 2023 s.d 2 April 2023. Pada pembukaan, dihadiri oleh Prof Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka, Prof Abdul Mu'ti Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, dan peserta pengajian yang terdiri dari lembaga, majelis, Ortom Muhammadiyah dari seluruh wilayah serta daerah di Indonesia.

 

Bachtiar Dwi Kurniawan selaku ketua MPKSDI PP Muhammadiyah, dalam laporannya mengatakan, pada kesempatan Ramadan kali ini merupakan momentum yang spesial untuk bersilaturahmi dan memahami dari berbagai perspektif serta memperkaya wawasan dari materi yang disampaikan.

 

"Kami dari MPKSDI berterimakasih kepada Uhamka, Rektor Prof Gunawan yang telah memfasilitasi, kepada peserta selamat untuk mengikuti kajian ini, mudah-mudahan semakin mengkokohkan komitmen keislaman dan kemuhammadiyahan untuk memajukan Muhammadiyah dan Indonesia," ujar Bachtiar.

 

Selain itu, Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada PP Muhammadiyah dan Majelis Kader dan Dikti. Muhammadiyah yang turut serta membimbing dan membina sehingga proses persiapan Uhamka cukup matang.

 

"Alhamdulillah telah hadir lebih dari 300 peserta. Pasca dari proses yaitu adalah output atau hasil dari kegiatan ini. Insya Allah kami mempunyai tim prosiding yang nantinya bisa dijadikan buku," tutur Prof Gunawan.

 

Prof Haedar mengungkapkan bahwa risalah Islam Berkemajuan telah dirumuskan oleh Muhammadiyah pada Muktamar Muhammadiyah ke-46 dan Muktamar Muhammadiyah ke-48. Konsep-konsep tersebut dielaborasi kembali menjadi risalah  Islam Berkemajuan. Islam adalah agama yang membangun peradaban maju. Hal ini telah terwujud dalam sejarah keemasan umat manusia.

 

"Islam berkemajuan ini telah dirumuskan Muhammadiyah dalam dua kali muktamar. Pertama Muktamar Ke-46 yang digelar di DI Yogyakarta, yang kedua digelar pada Muktamar Ke-48 kita kembangkan melalui elaborasi dan kolaborasi menjadi Risalah Islam Berkemajuan. Memang Islam merupakan agama berkemajuan yang membawa dan membangun peradaban maju. Ini telah terbukti dalam sejarah keemasan umat manusia," pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Haedar Nashir, Maknai Risalah Islam Berkemajuan Bukti Sejarah Keemasan Umat Manusia

Trending Now

Iklan

iklan