Dekan FAI Uhamka ; Muliakanlah Anak Yatim Sesuai Anjuran dalam Al-Qur’an

Sabtu, 15 April 2023 | 10:38 WIB Last Updated 2023-04-15T03:38:30Z


KabarPendidikan.id
- Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar kegiatan Buka Puasa Bersama, Santunan Yatim dan Santunan Mahasiswa Dhuafa pada 22 Ramadan 1444 H / Kamis (13/4).

 

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat mulia bagi umat Islam dimana setiap umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Selama berpuasa seluruh umat Islam di dunia diwajibkan untuk menahan hawa nafsu, bersabar, dan menahan segala ujian duniawi. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, “Puasa (Ramadan) merupakan perisai dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka.” (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).

 

Sehubung dengan hal tersebut kegiatan yang dilakukan FAI ini didukung oleh berbagai pihak dan dihadiri oleh Ai Fatimah Nur Fuad selaku Dekan Fakultas Agama Islam Uhamka, Rahmat Dahlan selaku Wakil Dekan III dan IV FAI Uhamka, Fitri Liza selaku dosen FAI Uhamka, perwakilan mahasiswa dhuafa dari tiga Program studi diantaranya Pendidikan Agama Islam, perbankan syariah, dan Pendidikn bahasa Arab.

 

Ai Fatimah Nur Fuad  selaku Dekan Fakultas Agama Islam Uhamka menyampaikan bahwa momentum buka puasa bersama dan santunan ini sangat membahagiakan dan menggembirakan karena dihadiri oleh beberapa panti yatim dari Depok dan Pamulang.

 

“Apa yang diberikan semoga dapat bermanfaat dan memunculkan perasaan bahagia bagi anak-anak yatim. Sebagaimana anak-anak yatim sangat dimuliakan dalam Al-Qur'an. Ajaran agama kita harus mengayomi anak-anak yatim. Semoga kegiatan ini menjadi pemantik dari kebaikan kebaikan yang lain. Fakultas Agama Islam telah lama berdiri dari tahun 1999 dan semoga bisa terus memberikan manfaat bagi alam semesta. Kemudian pada acara ini akan ada pembagian hadiah dan bingkisan lebaran kepada mahasiswa dhuafa di FAI Uhamka dan anak-anak yatim di luar Uhamka,” tutur Ai.

 

Selanjutnya, Rahmat Dahlan selaku Wakil Dekan III dan IV FAI Uhamka menyampaikan rasa terima kasihnya pada Lazismu Uhamka, KDK, PT Utama, Bank BSI dan gerakan infak sedekah FAI Uhamka  yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini.

 

“Kami mengucapkan terima kasih untuk Lazismu Uhamka, KDK, PT Utama, Bank BSI dan gerakan infak sedekah FAI Uhamka. Kemudian kami juga meminta doa kepada anak yatim agar FAI Uhamka terus berkembang,” ujar Rahmat.

 

Sementara itu di lain pihak, Fitri Liza selaku dosen FAI Uhamka dalam tausyiyah menjelang berbuka puasa mengatakan bahwa silaturahmi ini akan memberikan semangat kepada umat Islam untuk terus berkomitmen menjadi Khairu ummah. Ia juga mengatakan bahwa keadaan saat ini harus patut disyukuri karena pandemi sudah hilang saat umat Islam menjalankan Ramadan kali ini.


“Kita harus besyukur karena pandemi sudah hilang, sehingga kita terus berinteraksi dalam kegiatan secara langsung, termasuk kegiatan buka puasa bersama ini. Semua agama mengajarkan kebaikan. Muara akhir dari semua agama adalah kebaikan. Kebaikan itu bagaimana nilai menjadi keputusan batin,” jelas Liza.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dekan FAI Uhamka ; Muliakanlah Anak Yatim Sesuai Anjuran dalam Al-Qur’an

Trending Now

Iklan

iklan