Tingkatkan Manajemen Keluarga Sejahtera, Dosen FEB Uhamka Mengabdi

Minggu, 05 Maret 2023 | 16:26 WIB Last Updated 2023-03-05T17:27:39Z


Kabarpendidikan.id
Dalam rangka mewujudkan  Tri Dharma Perguruan Tinggi, LPPM Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (UHAMKA) menyelenggarakan Workshop Pentingnya Manajemen Keluarga Sejahtera bagi Warga Muhammadiyah pada Sabtu (4/3). Bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cileungsi Bogor, workshop bertempat di Masjid Baiturrahman dengan menghadirkan narasumber Faozan Amar dan Toto Tohari Dosen FEB Uhamka.

 

Faozan Amar merupakan dosen FEB Uhamka sekaligus Sekretaris Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengatakan “Perencanaan keuangan merupakan seni pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh individu/keluarga untuk mencapai tujuan yang efektif, efisien, dan bermanfaat, sehingga keluarga tersebut menjadi keluarga yang sejahtera.

 

Ada beberapa poin penting mengapa perencanaan keuangan ini harus dilakukan diantaranya adalah ;

1). Untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan masa mendatang, maka perlu dikelola.

2). Kebutuhan dimasa depan hampir pasti akan terjadi, namun belum tentu penghasilan masa depan masih sama. Maka perlu di kelola

3). Jika penghasilan berkurang, dan kita tidak mengelola penghasilan, maka akan sulit kebutuhan masa depan.

 

Faozan menambahkan, cara mewujudkan keluarga sejahtera yakni dengan Meningkatan Pendapatan dan Menekan Pengeluaran. Keduanya ini harus seimbang dan berjalan bersama, tidak boleh hanya satu saja.

 

Di lain pihak, Toto menyampaikan bahwa pada dasarnya, harta adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh manusia dengan nilai tertentu yang dapat dimanfaatkan. Harta bisa berupa uang, hewan ternak, hasil kebun, berbagai macam properti, dan lain sebagainya. Mengenai harta ini, harta yang baik adalah harta yang didapatkan dan digunakan dengan baik pula.

 

Ketika kita diuji dengan kelebihan harta kita harus bersyukur dan ketikan diuji dengan kekurangan maka harus bersabar.

 

Sarfian Efendi, Wakil Ketua PCM Cileungsi mengatakan  materi sangat aplikatif sesuai dengan yang  kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan Alhamdulillah mencerahkan. Terima kasih Uhamka atas kerjasamanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Manajemen Keluarga Sejahtera, Dosen FEB Uhamka Mengabdi

Trending Now

Iklan

iklan