Tim Pengmas Uhamka Tingkatkan Inovasi Pembelajaran Bahasa Jepang Siswa SMA Kharismawita Jakarta melalui Aplikasi SUUJI

Sabtu, 18 Maret 2023 | 10:05 WIB Last Updated 2023-03-18T23:40:01Z


KabarPendidikan.id -
Dosen dan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan pengabdian kepada masyarakat di SMA Kharismawita Jakarta dengan tema Pelatihan Pembelajaran Bahasa Jepang Menggunakan Aplikasi SUUJI  di SMA Kharismawita Jakarta, Kamis (19/1).

 

Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya pengenalan pembelajaran bahasa Jepang dengan mengimplementasikan teknologi digital CALL (Computer Assisted Language Learning) berupa aplikasi  serta mengamalkan catur dharma perguruan tinggi. Kegiatan pengabdian ini mengusung tema

 

Dalam ini turut dihadiri langsung oleh para dosen Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka yakni Rita Agustina Karnawati, Ana Natalia, Nia Septiany dan yakni Deasy Wahyu Hidayati selaku dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Uhamka , mahasiswa pendidikan bahasa Jepang, Carissa Maulidya selaku guru bahasa Jepang, serta siswa SMA Kharismawita.

 

Rita Agustina Karnawati selaku ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang sekaligus dosen Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini pembelajaran bahasa Jepang telah mengikuti perkembangan zaman, tidak hanya melalui buku saja, tetapi melalui media lain seperti aplikasi.

 

“Saat ini belajar bahasa Jepang menjadi semakin mudah untuk adik-adik sekalian, tidak terbatas hanya dari buku ajar, tetapi dengan memanfaatkan handphone yang dimiliki adik-adik semua, bisa langsung belajar bahasa Jepang dari aplikasi,” ujar Rita.

 

CALL (Computer Assisted Language Learning) adalah suatu metode pembelajaran bahasa dengan menggunakan media komputer berbasis aplikasi. Call saat ini memberikan penekanan kuat pada materi yang berpusat pada siswa yang memungkinkan pelajar untuk bekerja sendiri. Penggunaan call dapat memberikan pengalaman belajar yang nyata, meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan hasil belajar, mendorong belajar mandiri, dan menyajikan pengalaman belajar secara global.

 

CALL sendiri merupakan salah satu mata kuliah yang terdapat pada kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka. Output dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menciptakan sebuah aplikasi yang dapat membantu pembelajaran bahasa Jepang untuk siswa di sekolah. Salah satu aplikasi yang diciptakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang adalah aplikasi Suuji. Aplikasi Suuji adalah aplikasi yang mempelajari cara membaca dan penulisan berisi angka. Ada 7 kategori yang dimiliki dalam aplikasi ini yaitu ada jam, menit, hari, bulan, tahun, orang dan umur.

 

Dalam pelatihan pembelajaran bahasa Jepang menggunakan aplikasi Suuji terdapat beberapa sesi, pertama yakni diawali dengan pemberian materi berupa pengenalan mengenai apa itu CALL dan Aplikasi Suuji yang dilakukan oleh mahasiswa pendidikan bahasa Jepang. Aplikasi Suuji ini bukan hanya mempelajari materi saja, tetapi ada latihan atau quiz yang terdapat di dalam aplikasi ini, dan memiliki tingkatan level dari terendah hingga tertinggi.

 

Pada sesi pemaparannya, dijelaskan beberapa pengetahuan tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi Suuji. Cara mengoperasikan aplikasi Suuji ini sangat mudah. Di setiap menu terdapat materi yang ada tingkatannya. Di level 1 aplikasi ini berisi angka dari 1-10 dalam bahasa Jepang. Di level 2 aplikasi ini berisi angka 11-50 dalam bahasa Jepang. Di level 3 aplikasi ini berisi materi jam, menit, hari, bulan, tahun, orang dan umur dalam bahasa Jepang.

 

Setelah diberi contoh para siswa diminta untuk mempraktekkan secara berkelompok penggunaan aplikasi Suuji melalui handphone mahasiswa. Para siswa terlihat sangat antusias dalam mencoba menggunakan aplikasi Suuji tersebut. Selama praktek, siswa juga mencoba menjawab latihan yang terdapat di aplikasi Suuji ini dengan dibantu para mahasiswa di setiap kelompok.

 

Siti Zubaidah selaku Kepala Sekolah SMA Kharismawita Jakarta menanggapi dengan sangat baik dan antusias tinggi atas program pelatihan yang disalurkan oleh dosen Uhamka ke sekolah SMA Kharismawita Jakarta.

 

“Kami sangat menyambut baik apapun kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi anak-anak kami, apalagi dengan adanya pelatihan bahasa Jepang dengan menggunakan aplikasi ini, sangat modern dan mengikuti zaman bagi peserta didik yang sangat melek akan kecanggihan teknologi saat ini,” ujar Zubaidah.

 

Zubaidah juga berharap agar nantinya akan ada kegiatan atau program lainnya yang berhubungan dengan pelatihan kepada siswa agar siswa-siswa di SMA Kharismawita Jakarta memiliki bekal pengetahuan baru dan pengalaman yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Dilain pihak, Nia Septiany selaku dosen Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka menambahkan bahwa siapapun dapat belajar bahasa Jepang melalui aplikasi Suuji yang dapat diunduh di playstore. Dengan demikian, ia berharap pelatihan tersebut dapat terus dikembangkan oleh para guru dan siswa khususnya di SMA Kharismawita Jakarta dalam pembelajaran.

 

“Semoga dalam pelatihan pembelajaran bahasa Jepang melalui aplikasi Suuji yang telah dilakukan ini bisa membuat kalian lebih bersemangat dalam mempelajari bahasa Jepang, serta dapat kalian gunakan sebagai latihan dan evaluasi kemampuan  bahasa Jepang kalian, dan saya berharap nantinya kita dapat bertemu kembali dan kalian bisa berpartisipasi lagi melalui kegiatan Prodi Pendidikan bahasa Jepang lainnya,” harap Nia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Pengmas Uhamka Tingkatkan Inovasi Pembelajaran Bahasa Jepang Siswa SMA Kharismawita Jakarta melalui Aplikasi SUUJI

Trending Now

Iklan

iklan