Dosen PGSD FKIP Uhamka Adakan Pelatihan Games Ludo di SD Muhammadiyah 08 Jaktim

Sabtu, 25 Maret 2023 | 14:36 WIB Last Updated 2023-03-25T07:36:11Z

 


KabarPendidikan.id - Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) yaitu Ima Mulyawati dan Novanita Whindi Arini menyelenggarakan pengabdian masyarakat di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 08 Jakarta Timur. Kegiatan pengabdian tersebut bermula dari penelitian pengembangan yang kemudian dilakukan pengabdian sebagai bentuk pemenuhan catur dalam perguruan tinggi. Tema pengabdian tersebut yakni Pelatihan Games Ludo yang dilakukan selama 2 hari pada 10 dan 13 Maret 2023. Setelah pelatihan tersebut dilakukan, diadakan pembuatan dan pendampingan pada aplikasi games ludo yang dilakukan oleh guru selama 7 sampai 10 hari dalam mata pelajaran di SD tersebut.

 

Disamping itu, Evi Diana Rianti selaku kepala sekolah SD Muhammadiyah 08 Jakarta Timur menuturkan bahwa profesionalisme guru dalam pembelajaran wajib untuk ditingkatkan diantaranya pelatihan melalui pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh dosen Uhamka ini.

 

“Meningkatkan profesionalisme guru dalam pembelajaran wajib untuk dilakukan oleh para guru ditengah kesibukan kita dalam menghadapi mid semester diantaranya kegiatan yang dapat dilakukan yakni pelatihan pengabdian masyarakat seperti yang diselenggarakan oleh dosen Uhamka,” tutur Evi.

 

Dilain pihak, Ima Mulyawati selaku dosen PGSD FKIP Uhamka mengatakan bahwa pelatihan tersebut berawal dari pengembangan research and development yang telah diuji coba kepada masyarakat. Hasilnya, games ludo yang dikembangkan dalam papan ludo ini dapat dimainkan secara berkelompok yang maksimal terdiri dari 4 orang.

 

“Pelatihan ini bermula dari pengembangan research and development yang telah diuji coba di masyarakat. Games ludo ini permainan yang dikembangkan dalam papan ludo biasa dimainkan dalam berkelompok dengan maksimal 4 orang,” ujar Ima.

 

Disisi lain, Novanita Whindi Arini selaku dosen PGSD FKIP Uhamka menyampaikan bahwa games ludo tersebut sangat menarik untuk dimainkan dan diterapkan dalam pembelajaran di kelas karena siswa dapat belajar sambil bermain sehingga tidak mudah bosan.

 

"Games ludo ini menarik untuk diterapkan karena siswa dapat belajar sambil bermain sehingga tidak mudah bosan,” tambah Novanita.

 

Dalam hal ini, pelatihan tersebut berlangsung melalui empat metode yakni ceramah, tanya jawab, simulasi, dan praktik pembuatan games ludo. Dengan demikian, melalui adanya pelatihan tersebut diharapkan para guru dapat menerapkan, menggunakan, serta menguasai media pembelajaran di kelas terutama dalam pengaplikasian games ludo. Selain itu, adanya penerapan games ludo tersebut juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta meningkatkan motivasi belajar siswa.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen PGSD FKIP Uhamka Adakan Pelatihan Games Ludo di SD Muhammadiyah 08 Jaktim

Trending Now

Iklan

iklan