Uhamka Choir menjadi Pengisi Paduan Suara pada World Interfaith Harmony Week & International Day of Human Fraternity

Senin, 06 Februari 2023 | 12:45 WIB Last Updated 2023-02-07T08:17:33Z


KabarPendidikan.id
- Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) berpartisipasi dalam acara Pekan Kerukunan Antar Umat Beragama & Hari Persaudaraan Kemanusiaan Dunia,  Gedung Nusantara IV, Komplek DPR/MPR RI, Minggu (5/2).

 

Pihak dari Uhamka yang hadir diantaranya Lelly Qodariah selaku Wakil Rektor III Uhamka, Purnama Syae Purrohman selaku Kepala Unit Kerja sama Uhamka, Sugiono selaku Pjs. Sekretaris Pusat Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (P3KA Uhamka ) dan tim paduan suara Uhamka.

 

Uhamka ditunjuk menjadi bagian dari tim paduan suara lintas agama pada kegiatan Pekan Kerukunan Antar Umat Beragama & Hari Persaudaraan Kemanusiaan Dunia. Uhamka Choir merupakan perwakilan dari agama Islam dari 6 agama di Indonesia. Uhamka Choir membawakan beberapa lagu diantaranya; Indonesia Raya, Tarek pukat, Rambadia, Tak tong tong, Kicir kicir, Padhang bulan, Ampar ampar pisang, Janger, Bolelebo  dan Heal the world. Aransemen dari komposes Dwiki Dharmawan.

 

Lelly Qodariah selaku Wakil Rektor III Uhamka mengungkapkan rasa bangga dan syukur Uhamka Choir menjadi perwakilan dari perhelatan ini. Ia berharap melalui Uhamka Choir, Uhamka semakin berkontribusi dengan perdamaian dan persaudaraan dengan sesama.

 

Bersyukur Uhamka melalui Uhamka Choir menjadi wakil dari perhelatan ini, tentu menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk semakin mengasah keterampilan dalam hidup di Masyarakat. Kita selalu berada dikeragaman, apakah suku, agama, etnis seperti dalam Al Qur’an Al Hujurat ayat 13. Allah menciptakan manusia bersuku-suku untuk saling mengenal. Persaudaraan semua umat menjadi penting untuk saling memahami perbedaan, dengan berbeda harusnya saling menghargai, sehingga tumbuh harmoni dan saling percaya. Dengan hadirnya Uhamka Choir semoga Uhamka semakin berkontribusi dengan perdamaian dan persaudaraan dengan sesama,” tutur Lelly.

 

Yasara selaku pengisi padus Uhamka menyampaikan antusiasnya yang telah turut berpartisipasi dalam acara Perayaan Hari Persaudaraan Kemanusiaan Dunia di Indonesia.


“Pertama kalinya saya mengisi paduan suara lintas agama dan dilatih langsung oleh kang Dwiki Dharmawan. Tentu ini menjadi pengalam berharga untuk saya dan teman-teman Uhamka Choir  bisa ikut berpartisipasi pada Pekan Kerukunan Antar Umat Beragama & Hari Persaudaraan Kemanusiaan Dunia. Senang rasanya bisa tampil didepan banyak tokoh nasional dan internasional,” ujar Yasara.


Indonesia sendiri setiap tahun memperingati WIHW di bawah organisasi Inter Religious Council (IRC) Indonesia. Namun perayaan kali ini, pada 5 Februari  2023 di Gedung Nusantara IV Kompleks DPR/MPR RI  menjadi yang pertama setelah Pandemi Covid-19. Perayaan WIHW terakhir pada tahun 2018 yang didukung kantor Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama antar Agama dan Peradaban, mendapat penghargaan dari Raja Abdullah dari Jordania. Saat itu Ketua Kehormatan IRC Indonesia, Din Syamsuddin menjabat sebagai Utusan Khusus Presiden.


Perayaan Hari Persaudaraan Kemanusiaan Dunia di Indonesia, merupakan yang pertama, bersamaan dengan Pekan Kerukunan Antar Umat Beragama, digagas oleh IRC Indonesia dan Center for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC) yang diketuai oleh Din Syamsuddin, (5/2).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Uhamka Choir menjadi Pengisi Paduan Suara pada World Interfaith Harmony Week & International Day of Human Fraternity

Trending Now

Iklan

iklan