Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Siswa Mendaftar SNBP 2023

Senin, 13 Februari 2023 | 10:29 WIB Last Updated 2023-02-14T03:31:38Z


KabarPendidikan.id - Telah dilaksanakan pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi 2023 (SNBP). Pada pelaksanaan seleksi ini, siswa melakukannya secara daring pada website SNPMB, Selasa (14/2).

 

SNBP sendiri adalah sebuah seleksi masuk perguruan tinggi negeri bagi siswa melalui jalur prestasi dalam penerimaan mahasiswanya. Sebelum dikenal sebagai SNBP seperti sekarang, dahulu SNBP dikenal sebagai SNMPTN dalam penyebutannya yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

 

Bagi calon mahasiswa yang baru, dapat mendaftar diri ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mana saja, sehingga calon mahasiswa dapat memilih PTN dengan leluasa yang ada di seluruh Indonesia. PTN tersebut diantara lainnya adalah PTN Terapan (Vokasi), PTN Akademis dan bahkan PTN yang berbasis agama islam Negeri (PTKIN).

 

Tetapi, pada seleksi SNBP ini hanya siswa yang eligible atau siswa dengan kondisi/kualitas yang dibutuhkan PTN yang dapat mendaftar dan bersaing dalam program ini. Seperti siswa yang yang memiliki prestasi dalam akademiknya, dan dinilai bedasrkan nilai rapor semester 1 hingga 5 serta prestasi menunjang lainnya.

 

Pada tahap ini siswa diharuskan sudah melakukan tahap pendaftaran pada akun SNPMB dan memiliki akun tersebut, serta menyimpannya secara permanaen. Sehingga pada tanggal 14 – 28 Februari 2023 nanti sudah bisa mendaftar dirinya pada SNBP.

 

Sebelum mendaftar SNBP 2023, ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam proses pendaftannya:

1.      Hanya siswa yang dinyatakan eligible oleh pihak sekolah yang dapat mendaftar seleksi jalur ini.

2.      Akun SNPMB yang sudah simpan permanen harus dimiliki oleh pihak sekolah dan siswa.

3.      perhatikan masa akun registrasi bagi siswa yang akan ditutup pada 15 Februari 2023.

4.      Pada kebijakan yang ada, bagi calon peserta SNBP harus bertanggung jawab pada pilihan program studi yang diinginkan.

 

Jika siswa menemukan kendala, silakan hubungi Helpdesk SNPMB BPP pada lamanan halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau dapat hubungi Call Center SNPMB 0804 1 450 450.

 

Dan untuk mengetahui SNBP atau Program SNPMB lainnya dapat mengakses lamanan halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan akun media sosialnya. 


(Wulandari)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Siswa Mendaftar SNBP 2023

Trending Now

Iklan

iklan