Tanamkan Nilai Demokrasi, Badan Kesbangpol Yogyakarta Gelar Kegiatan Pendidikan Politik untuk Perempuan

Jumat, 16 September 2022 | 15:22 WIB Last Updated 2022-09-16T08:22:36Z


KabarPendidikan.id
- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta memiliki tujuan untuk meningkatkan peran perempuan dalam bidang politik kebangsaan, salah satunya dalam memberikan pemahaman sejak dini mengenai pendidikandemokrasi mulai dari keluarga.

 

Budi Santosa  selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta  mengatakan bahwa keluarga merupakan unit paling penting untuk menanamkan pemahaman demokrasi kepada setiap warga Negara. Hal ini dikarenan awal dari berbagai pendidikan dan penanaman nilai ialah dari keluarga.

 

“Oleh karena itu, peran keluarga terutama kaum perempuan dalam memberikan pemahaman pendidikan demokrasi juga sangat penting sehingga Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta menggelar kegiatan pendidikan politik untuk perempuan,” tutur Budi.

 

Budi juga meyakini pendidikan demokrasi tidak hanya menjadi kepentingan akademikus, birokrat, politikus, dan elite politik, tetapi juga bisa tumbuh dalam kehidupan keluarga melalui aktivitas sehari-hari.

 

"Dilihat dari sudut pandang psikologi, internalisasi ide-ide demokrasi paling utama terjadi di dalam keluarga yang nantinya akan menentukan bagaimana seseorang tumbuh sebagai warga negara," ujar Budi

 

Selanjutnya menurut Budi, kehidupan di dalam keluarga dan bernegara berkaitan satu sama lain. Permasalahan dalam kehidupan bernegara mencerminkan permasalahan di dalam keluarga.

 

"Misalnya, korupsi, penipuan, skandal jabatan, dan kejahatan sosial berakar pada kondisi sosial di dalam sebuah keluarga. Begitu pula masalah keluarga seperti kekerasan domestik akan melahirkan wajah sosial bernegara yang tidak baik. Jika demokrasi sudah dipraktikkan sejak dalam keluarga, menurut dia, kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia akan mencerminkan demokrasi yang kuat dan utuh. Pemahaman demokrasi yang kuat ini juga sangat penting sebagai persiapan masyarakat dalam menghadapi pesta demokrasi pada tahun 2024," ucap Budi.

 

(ADP)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tanamkan Nilai Demokrasi, Badan Kesbangpol Yogyakarta Gelar Kegiatan Pendidikan Politik untuk Perempuan

Trending Now

Iklan

iklan