Walikota Surabaya Minta Seluruh Lapisan Pendidikan untuk Besinergi dalam Mencerdasakan Bangsa

Selasa, 16 Agustus 2022 | 09:46 WIB Last Updated 2022-08-16T02:46:49Z

 


KabarPendidikan.id
- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyelenggarakan pertemuan dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMA swasta dan negeri di Ruang Sidang Wali Kota Surabaya. Saat itu, para MKKS menyampaikan sejumlah usulannya, termasuk rincian biaya yang mungkin bisa dibantu oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

 

Eri menjelaskan, tujuan pertemuan ini  adalah menindaklanjuti pertemuannya dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa terkait keinginan Eri memberikan bantuan biaya pendidikan kepada pelajar SMA sederajat yang bersal dari masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Diketahui masih ada siswa SMA yang belum bisa membayar SPP meskipun sudah ada dana BOS maupun Bopda dari Pemprov Jatim.

 

“SPP itu kan untuk peningkatan standart sekolah, sehingga akan berpengaruh pada besaran SPP per siswa. Makanya, Pemkot hadir. Saya juga sudah sampaikan ini kepada Gubernur Jatim bagaimana caranya supaya Pemkot bisa bekerjasama untuk membantu arek-arek Suroboyo supaya tidak keberatan membayar SPP-nya itu. Beliau menyampaikan kita bisa membantu di situ,” tutur Eri.

 

Eri juga mengaku sudah menyampaikan, setiap sekolah harus mempunyai standar minimal, sehingga nanti bisa dihitung besaran BOS berapa dan Bopda berapa per-siswa. Lalu, sisanya yang belum tercover akan bisa ditanggung oleh Pemkot Surabaya.

 

"Melalui cara itu, kami berharap siswa tidak lagi memikirkan soal SPP, karena sudah ditanggung Pemkot,” ujar Eri

 

Eri meminta pihak MKKS SMA/SMK negeri dan swasta untuk segera menyelesaikan standar minimal sekolah SMA/SMK sederajat itu. Setelah itu selesai, Eri memastikan akan menyampaikan kepada Gubernur Jatim untuk bisa duduk bareng dan menyelesaikan ini secara bersama-sama.

 

“Jadi, dari pemprov sudah dapat lampu hijau soal bantuan pendidikan ini. Bahkan, Gubernur juga sudah menyetujui kalau harus ada standar minimal sebuah sekolah SMA/SMK sederajat itu,” kata Eri.

 

Eri juga memastikan bahwa pihaknya akan meminta bantuan Unair dan Kejaksaan dalam mensukseskan program bantuan biaya pendidikan ini. Sebab, dia tidak ingin setelah Pemkot mengeluarkan bantuan ini, malah salah langkah. Eri berharap mulai tahun ajaran baru, program yang disiapkan sudah bisa diterapkan dan dicairkan bantuan pendidikan bagi SMA/SMK sederajat yang berasal dari MBR.

 

“Ini waktunya kita bergandeng tangan dan bergotong royong untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, tidak ada maksud lain selain mengentas anak-anak putus sekolah di Surabaya,” ujar Eri.


(ADP)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Walikota Surabaya Minta Seluruh Lapisan Pendidikan untuk Besinergi dalam Mencerdasakan Bangsa

Trending Now

Iklan

iklan