Peran Teknologi dan Perkembangan Pendidikan

Jumat, 06 Mei 2022 | 10:15 WIB Last Updated 2022-05-30T03:16:26Z

 



Oleh Rini Antika Damayanti

Mahasiswa FEB Uhamka


Seiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi saat ini memaksa kita untuk terus berkembang dan menyesuaikan keadaan yang ada. Di mana perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga segala aktivitas yang dilakukan tidak terlepas dari pengaruh teknologi didalamnya. Begitu pula dengan dunia pendidikan. Saat ini  perkembangan teknologi sudah memasuki dunia pendidikan. Di mana teknologi tidak hanya memberikan pengaruh dan kontribusi besar terhadap dunia industri saja melainkan dunia pendidikan pun ikut serta didalamnya. 

Teknologi dalam dunia pendidikan telah memberikan berbagai inovasi yang dapat menunjang proses pembelajaran. Semakin banyaknya media pembelajaran yang digunakan saat ini merupakan bentuk dari perkembangan teknologi yang begitu pesat. Dunia pendidikan tidak hanya merupakan sarana bagi seorang guru dan murid dalam melakukan proses pembelajaran tetapi, dunia pendidikan juga dituntut untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Tidak hanya itu saja teknologi digital memiliki segudang manfaat terhadap dunia pendidikan. Di mana teknologi digital memiliki sudut pandang, serta perilaku manusia terutama dalam hal proses pembelajaran baik dalam tenaga pendidik maupun peserta terdidik. 

Di era digital ini perkembangan teknologi ini bisa dikatakan berjalan begitu cepat sehingga menimbulkan berbagai dampak yang terjadi pada dunia pendidikan baik itu dampak positif maupun dampak negatif yang ditimbulkan. Dampak positif dari perkembangan teknologi terhadap dunia pendidikan seperti, mudahnya dalam mencari berbagai informasi yang sedang dibutuhkan, banyaknya inovasi dalam pembelajaran seperti inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan, banyaknya komunitas dari internet dapat memperluas relasi, munculnya berbagai metode pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Tidak hanya dampak positif yang ditimbulkan, di balik kemajuan teknologi informasi ternyata juga memiliki dampak negatif pada dunia pendidikan seperti, banyaknya informasi  yang tidak akurat (hoax) yang menimbulkan berbagai macam spekulasi dari berbagai pihak, banyaknya informasi menarik seputar game online yang dapat membuat peserta didik menjadi malas belajar, munculnya berbagai macam penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal, maraknya penyebaran pornografi di kalangan peserta didik yang akan merusak moral generasi muda jaman sekarang, teknologi informasi membuat pengaruh dari luar negeri masuk dengan sangat bebas dan sangat sulit dibendung. Hal inilah yang menimbulkan banyaknya pergaulan bebas di kalangan peserta didik.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peran Teknologi dan Perkembangan Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan