Peluang Bisnis Online

Senin, 16 Mei 2022 | 10:08 WIB Last Updated 2022-05-16T03:08:00Z


 


Oleh : Ericha Dwi Hartanti

Mahasiswa Uhamka


Dimasa pandemi covid saat ini, dampak yang didapatkan sangatlah besar terutama dibidang ekonomi, apalagi oleh pelaku usaha yang masih kecil. Omzet yang menurun akibat pandemic menimbulkan banyak para pelaku usaha gulung tikar. Tidak hanya itu akibat pandemic covid yang melanda di Indonesia banyak karyawan dan pekerja lainnya yang di PHK dan ada juga yang bekerja dirumah. Tentunya terjadi perlambatan pada kegiatan usaha yang ada di seluruh Indonesia, diperlukan kemajuan untuk dapat mengatasi masalah ekonomi yang saat ini terjadi, setiap masalah memiliki jawaban jika terus berusaha untuk menyelesaikannya. 

Oleh karena itu dizaman yang serba canggih dimana penggunaan teknologi sangat dimanfaatkan oleh banyak orang memudahkan orang untuk mencari celah terutama pelaku usaha yang mencoba untuk berbisnis online. Dengan adanya internet yang memudahkan untuk sosial media seperti Instagram, twitter, youtube, facebook, dsb. Dapat memberikan manfaat baik untuk para pelaku usaha dengan mudah untuk menjualkan dagangan yang ditawarkan. Akibatnya ekonomi dalam bidang digital di Indonesia semakin berkembang dan maju, karena yang dalam bisnis online ini tidak hanya para pedagang yang dapat berjualan namun masyarakat lainnya seperti karyawan yang baru terkena PHK dan masyarakat yang harus kerja dirumah juga dapat berbisnis online. 

Bisnis online itu sendiri, mudah dipelajari oleh berbagai kalangan, karena masyarakat yang sudah paham dalam menggunakan elektornik dan internet jadi memudahkan untuk berbisnis online. UMKM dapat terus berkembang dan maju, sehingga memudahkan masyarakat untuk dapat terus meningkatkan ekonomi dan memperoleh uang untuk mencukupi kehidupannya. Bisnis online saat ini bahkan sudah difaslitasi dari berbagai aplikasi seperti shopee, bukalapak, Lazada, Tokopedia dsb. Aplikasi ini sangat mudah di unduh karena hanya dengan menggunakan handphone, aplikasi ini dapat di unduh secara gratis. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat mudah menjualkan pakaian, kosmetik, skin care, sepatu, tas, bahkan emas yang dapat diperjualkan. Tidak hanya itu masyarakat juga dapat mendaftarkan usaha makanan yang dibuatnya melalui aplikasi gofood, grabfood juga shopeefood yang memudahkan pembeli untuk langsung menikmati makanan yang di pesan karena akan langsung sampai di alamat pembeli. 

Berbisnis online juga memudahkan masyarakat karena dapat berjualan hanya dengan dirumah, tidak perlu untuk menyewa ruko atau tempat dan tidak banyak mengeluarkan modal. Dengan menggunakan handphone dan internet untuk mengakses masyarakat sudah bisa berjualan dengan mudah. Selain itu pembeli bisa dari berbagai tempat bukan hanya dari daerah local namun dapat di jangkau hingga nasional dan internasional. Manfaat lainnya yaitu tidak adanya Batasan waktu untuk berjualan, jika kita berjualan di mall maka ada Batasan waktu untuk berjualan namun melalui bisnis online ini tidak adanya Batasan waktu. Kita bisa melakukan jualan online ini kapan saja dan dimana saja selama 24 jam. Selain itu kita dapat berjualan apa saja secara bervariasi yang dapat menarik konsumen untuk dapat membeli. 

Oleh karena ini masyarakat perlu belajar dan mendaftar untuk berjualan online, yang dapat memudahkan untuk mencari nafkah dalam mencukupi kehidupan. Yang bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun tanpa batas waktu masyarakat dapat berjualan online dengan barang apa saja yang ingin dijual untuk menarik konsumen. Bahkan makanan yang dapat dibuat juga dapat diperjualkan melalui bisnis online ini. Untuk itu perlu untuk selalu memanfaatkan dengan baik, agar menjadi solusi dalam masalah ekonomi saat ini yang terjadi akibat pandemic covid. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peluang Bisnis Online

Trending Now

Iklan

iklan