Klaim Budaya

Minggu, 24 April 2022 | 10:12 WIB Last Updated 2022-04-24T03:12:00Z


 


Oleh : Sindy Murfi

Mahasiswa Uhamka

Klaim budaya apa itu klaim budaya, klaim budaya adalah sebuah argument yang menyatakan bahwa sebuah budaya/seni adalah miliknya padahal jelas  bukan miliknya atau berasal darinya. Seperti kasus yang terjadi yaitu pengklaiman budaya Indonesia yang dlakukan oleh Malaysia yaitu wayang kulit yang mereka akui berasal dari Negara mereka padahal jelas wayang kulit berasal dari Indonesia, hal ini terjadi karena beberapa warga Negara melakukan pertunjukan wayang kulit disana sehingga mereka merasa bahwa wayang kulit adalah budaya milik mereka namun usaha mereka gagal karena pada tanggal 27 november 2003 UNESCO mengakui bahwa wayang kulit berasal dari Indonesia. Dan yang kasus baru-baru terjadi adalah tentang Malaysia yang mengkalim bahwa batik adalah budaya yang berasal dari negaran-nya tentu hal ini membuat warga Negara Indonesia geram dan UNESCO mengauinya pada tanggal 2 Oktober 2009 meskipun batik sudah didaftar kan pada tanggal 3 september 2008, 

Termasuk Angklung yang termasuk alat music tradisional khas sunda juga pernah diklaim oleh malasia namun masalah ini berakhir dengan cepat dikarenakan pihak UNESCO menetapkan angklung sebagai alat music khas Indonesia pada tanggal 18 November 2010 dinairobi, Kenya. Kemudian ada juga makanan khas Indonesia yang sering ada pada saat idul fitri tiba yaitu rendang sebagai salah satu makanan terenak didunia juga mereka klaim sebagai makanan khasnya ,ini terjadi karena orang sumatera barat yang tinggal disana sering memasak rending dan mereka beranggapan bahwa masakan rendang adalah makanan khasnya. dan masih banyak lagi budaya kita yang diakui Malaysia seperti angklung,rendang dll.

Dari kasus-kasus seperti ini menurut saya perlunya Negara kita perlunya mengambil tindakan yang tegas terhadap Negara-negara yang mencoba mengklaim buaya kita, karena jika tidak mereka akan semena-mena dalam pengklaiman budaya  terutama Malaysia. Karena jika bukan kita siapa lagi yang akan mempertahankan serta mewarisi budaya milik kita sendiri. budaya adalah sebuah harta dan warisan yang diturunkan oleh nenek moyang kita yang tak ternilai harganya yang wajib kita jaga keberadaanya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Klaim Budaya

Trending Now

Iklan

iklan