Manfaat E-Commerce dalam Bisnis Online

Minggu, 24 April 2022 | 10:08 WIB Last Updated 2022-04-24T03:08:00Z


Rara Ayu Wulandari

Mahasiswa FEB Uhamka


Saat ini, penggunaan e-commerce untuk bisnis menjadi penting tidak hanya untuk tujuan mempertahankan tempat di pasar, tetapi juga untuk memperluas pangsa pasar sehubungan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Tidak hanya melalui website lokal, para pebisnis online bisa juga memanfaatkan website global. Website global memberikan peluang yang baik untuk mengembangkan bisnis online sendiri karena bersifat global. Setiap orang dapat berhasil melakukan bisnis online, mengendalikannya dengan menggunakan internet, terlepas dari lokasi geografis mereka.

Tekonolgi modern seperti e-commerce memberikan banyak peluang baru bagi pebisnis. Manfaat pertama yaitu untuk memperluas bisnis mereka dan meningkatkan keuntungan. Ini karena bisnis online menjadi semacam sistem ekonomi baru yang memungkinkan untuk meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya. Fakta yang tidak diragukan lagi bahwa perkembangan teknologi telah menciptakan jenis ekonomi baru dengan laju pertumbuhan yang sangat besar sehingga telah mengubah konsep bisnis tradisional. 

Manfaat kedua yaitu internet adalah lingkungan yang ideal untuk melakukan bisnis. Jika penjual memiliki tempat tradisional untuk menjual barangnya sendiri, maka jumlah pelanggannya terbatas, sedangkan melalu e-commerce semua pengguna dapat menjadi pelanggan potensial. 

Manfaat ketiga melakukan bisnis online dapat dilihat pada peluang untuk menciptakan dan mempertahankan citra bisnis yang sempurna. Itu menjadi alat untuk pemasaran dan penjualan. Dan akhirnya, situs e-commerce menciptakan lahan subur untuk kegiatan dan kompetisi lebih lanjut.

Keuntungan keempat berbisnis online di e-commerce adalah ketersediaan informasi untuk pelanggan. Manfaat kelima yaitu meminimalkan biaya. Lalu manfaat ketujuh adalah kemampuan untuk dijalankan 24 jam sehari. Dengan demikian, yang membuat bisnis online berbeda adalah tersedia 24 jam sehari baik untuk penjual maupun untuk pelanggannya, memungkinkan untuk mencapai penjualan sepanjang waktu. Dan manfaat ketujuh yaitu situs e-commerce memberikan kesempatan untuk para penjual menggunakannya secara gratis atau cenderung dengan biaya administrasi yang terjangkau.

Maka, e-commerce memberikan banyak pengaruh positif yang menguntungkan untuk para penjual maupun pembeli.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaat E-Commerce dalam Bisnis Online

Trending Now

Iklan

iklan