IT Master Plan

Sabtu, 09 April 2022 | 10:23 WIB Last Updated 2022-04-09T03:23:00Z

 


Oleh : Rahmat Nur Hidayat

Mahasiswa Uhamka


Dalam sebuah perusahaan tentunya ada departemen atau unit yang bisa diunggulkan dalam membantu mewujubkan visi dan misi perusahaan itu sendiri. Salah satunya adalah bagian IT(Teknologi Informasi) dengan adanya bagian IT dalam perusahaan tentunya mampu membantu perusahaan dalam menghadapi persaingan dengna kompetitor, terutama persaingan dalam hal teknologi informasi yang digunakan.


Teknologi informasi yang akan dilakukan sebuah perusahaan  dapat dikategorikan dalam tiga bagian. Pertama , sistem IT pada perusahaan yang menjadi landasan dari berbagai aplikasi yang ada di perusahaan tersebut. Di antaranya Network management, basis data, sistem operasi dll. Kedua, sistem aplikasi IT yang akan dipakai dalam segala urusan dasar dari sumber daya perusahaan. Misalnya sistem atau aplikasi akuntansi dan keuangan, sistem penggajian. Ketiga, sistem aplikasi IT yang cocok dengan kebutuhan spesifik bagi perusahaan. Khususnya yang berhubungan pada proses penciptaan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Misalnya aplikasi properti, aplikasi akuntansi, aplikasi forwarding, dang aplikasi pergudangan.


Tentunya teknologi informasi yang diciptakan memiliki fungsi tertentu untuk setiap kalangan yang mengggunakan. Termasuk bagi perusahaan, fungsi bagi perusahaan yaitu untuk fungsi operasional dengan teknologi kemungkinan struktur organisasi menjadi lebih ramping karena seluruh bagian perusahaan telah menggunakan teknologi tersebut.


Bagi perusahaan teknologi memegang peran yang sangat penting dalam mendukung proses bisnis. Teknologi dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan. Ada salah satu pendekatan sebagai upaya divisi IT dapat memberikan dampak yang diharapkan oleh perusahaan. Yaitu salah satuny dengan metode IT Master plan.


IT Master Plan adalah merupakan suatu perencanaan jangkan panjang dalam pengembangan sistem informasi yang mendukung visi dan misi perusahaan. IT Master plan membahas dari visi dan misi organisasi perusahaan pada perencanaan manajemen proyek IT.


Dalam penerapannya IT Master Plan juga memberikan banyak sekali manfaat yang akan diperoleh antara lain seperti perusahaan dapat meminimalkan resiko yang ditimbulkan akibat implementasi IT, sekaligus bisa menjadi alat kontrol dan parameter yang tepat untuk mengkaji performa dan keberhasilan implementasi IT di suatu perusahaan, serta dapat menjadi dasar bagi perencanaan perusahaan dalam investasi dan implementasi teknologi informasi.


Singkatnya, dengan menerapkan teknologi informasi, maka perusahaan akan mampu menghemat biaya dalam semua aspek seperti tenaga kerja, proses, pemasaran, bahkan manajemen. Penerapan TI juga dapat mempercepat perkembangan perusahaan dengan meningkatnya margin pada perusahaan. Dan, tentunya, adopsi TI memungkinkan perusahaan lebih kompetitif dan berpotensi memenangkan persaingan bisnis




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • IT Master Plan

Trending Now

Iklan

iklan