Dosen Fisika Uhamka Lakukan Pelatihan Pembuatan Panel Surya Pengisi Daya (Power Bank) di SMA Islam Al-Kahfi Bogor

Senin, 25 April 2022 | 12:24 WIB Last Updated 2022-05-09T05:25:12Z

KabarPendidikan.id
- Dalam usaha untuk memberikan solusi dalam menghasilkan power bank atau pengisi daya portable yang tidak tergantung kepada daya listrik PLN, tim dari Lembaga pengabdian masyarakat Progam Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) diketuai oleh Liszulfah Roza beserta tim anggotanya Yulia Ramadhan  yang melakukan kerjasama dengan SMA Islam Al-Kahfi Bogor untuk menfasilitasi para  siswa  di sekolah tersebut dalam membuat perangkat powerbank secara mandiri. 


Kegiatan ini di lakukan secara daring selama dua hari. Satu hari secara langsung dan 1 hari secara luring. Kegiatan ini di ikuti oleh 35 orang siswa sebagai peserta dan berlangsung dari pukul 09.00-16.00 WIB. 


Liszulfah Roza selaku dosen Fisika Uhamka, dalam sambutannya mengatakan bahwa teknologi sangat berkaitan dengan konsep ilmu fisika dan dasar ilmu fisika yang menjadi kunci dari perangkat pengisi daya portable. Ia juga berharap kegiatan ini dapat memicu peningkatan minat belajar peserta didik terhadap materi pembelajaran fisika. 


"Saya berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menjadi wadah bagi guru SMA Islam Al-Kahfi untuk menerapkan keilmuan fisika dalam kehidupan sehari-hari dan membantu siswa agar dapat paham bahwa teknoligi yang berkembang saat ini tidak terlepas dari konsep ilmu pengetahuan alam salah satunya ilmu fisika. dapat menggunakan dan diharapkan hal ini," tutur Liszulfah.


Liszulfah menambahkan, melalui kegiatan ini terlihat manfaatnya untuk sekolah mitra dalam memberikan dampak positif agar siswa termotivasi untuk mempelajari pembelajaran fisika dengan lebih baik dan serius lagi. 


“Melalui kegiatan ini peserta didik dikenalkan bahwa ilmu fisika sebagai mata pembelajaran yang sangat erat kaitannya dengan kemajuan teknologi. Terlebih lagi peserta yang mengikuti kegiatan ini memiliki hobi dan mempunyai ketertarikan dengan robot dan mengutak-atik peralatan elektronik sehingga menjadi peralatan yang semakin bagus dalam keseharian meraka. Hal ini akan membuat para peserta semakin mengerti bahwa fisika itu adalah ilmu yang menarik dan mempunyai aplikasi yang up to date," tutup Liszulfah.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen Fisika Uhamka Lakukan Pelatihan Pembuatan Panel Surya Pengisi Daya (Power Bank) di SMA Islam Al-Kahfi Bogor

Trending Now

Iklan

iklan